Sunday 1 September 2019

Ingin berhenti merokok, tapi susah?? Coba 12 cara ini, siapa tahu berhasil

Ahmad Abdulah
Minggu, 01 Sep 2019


Wanita, Merokok, Rokok, Tembakau, Gadis
   
Berusaha berhenti merokok berarti memberikan diri Anda kesempatan untuk hidup sehat dan lebih lama. Jika Anda bermaksud untuk menghentikan kebiasaan buruk ini, tetapi masih belum berhasil dalam satu cara, jangan khawatir. Ada banyak cara lain yang dapat mencoba untuk berhasil menjalankan cara untuk berhenti merokok.

Kegagalan untuk berhenti merokok tidak membuat Anda selamanya terbelenggu oleh Rokok. Ini bisa menjadi keberhasilan bagaimana untuk berhenti merokok dicapai dengan menggabungkan beberapa cara sekaligus. Hal yang penting untuk diingat, berhenti merokok adalah sebuah proses yang perlu dilakukan secara bertahap dan memerlukan tekad, komitmen, dan kesabaran.



Coba lihat langkah di bawah ini karena mungkin jalan keluar.


  1. Mengelola stres
Mengelola stres dapat menjadi salah satu alasan seseorang memilih untuk Merokok. Setelah Merokok, seseorang merasa rileks. Cobalah beberapa cara untuk meredakan ketegangan, seperti mendengarkan musik, pijat, atau yoga. Selain itu, pada awal masa percobaan untuk berhenti, sebisa mungkin menghindari situasi stres.


2 Hindari pemicu

Sebisa mungkin menghindari faktor atau kebiasaan yang dapat membuat Anda kembali ke Merokok, seperti berkumpul dengan sesama perokok, minum kopi, atau minum alkohol. Jika Anda terbiasa Merokok setelah makan, Anda dapat mencari cara lain sebagai pengganti, seperti permen karet atau menyikat gigi Anda.

Terapi penggantian nikotin (NRT)
Penghentian asupan nikotin umumnya membuat seorang perokok merasa frustrasi dan sering membuat mereka gagal untuk berhenti merokok. Terapi penggantian nikotin dapat membantu meringankan gejala frustrasi atau penarikan.
NRT sebagai cara untuk menghentikan Merokok bekerja dengan melepaskan rendahnya tingkat nikotin terus menerus ke dalam pembuluh darah. Nikotin yang digunakan tidak mengandung tar, karbon monoksida, dan bahan kimia berbahaya lainnya seperti yang ditemukan dalam Rokok. Prosedur ini membantu mengurangi keinginan tubuh untuk kembali ke Merokok ketika tubuh mulai merasakan hilangnya asupan nikotin. Media NRT beragam, seperti permen karet, tape ditempatkan pada kulit, atau tablet, atau dapat disemprot ke dalam mulut atau hidung.


3. Libatkan keluarga dekat dan teman

Biarkan keluarga dan teman Anda tahu bahwa Anda sedang dalam proses berhenti merokok. Dukungan dari orang lain dapat memainkan peran dalam membantu Anda berhenti merokok. Mereka yang akan mengingatkan dan membantu menjaga situasi lebih kondusif sehingga tujuan lebih mudah dicapai.


4. Terapi perilaku

Manajer, Proyek, Ide, Pekerjaan

Cara Berhenti Merokok melalui terapi perilaku adalah suatu bentuk konseling yang membantu Anda untuk fokus pada berhenti merokok strategi. Terapi ini dilakukan dengan berbicara kepada konselor dalam sesi psikoterapi, tetapi juga dapat dalam sesi per kelompok. Untuk memaksimalkan keberhasilan, terapi ini dapat dikombinasikan dengan terapi penggantian nikotin dan atau obat-obatan. Terapi perilaku ini tidak hanya dapat dilakukan sebagai cara untuk berhenti merokok, tetapi juga untuk membantu mengatasi masalah kesehatan mental dan perilaku seperti stres atau depresi.



5. Membersihkan rumah
Kebersihan, Pembantu, Mempertahankan
Bersihkan rumah dari aroma rokok dan segala sesuatu yang dapat mendukung Anda untuk merokok dalam jumlah besar. Cuci pakaian, lembaran, karpet, atau tirai yang mengandung aroma rokok. Gunakan penyegar udara untuk membantu menghilangkan bau asap rokok.

6. Olahraga


Olahraga dapat membantu mengurangi dan mengalihkan keinginan untuk nikotin. Setelah Anda ingin Merokok, memakai sepatu olahraga Anda dan mulai melakukan kegiatan olahraga, seperti berjalan, berlari,  atau berenang. Bergabung dengan klub kebugaran yang berisi orang yang hidup sehat juga dapat membantu banyak.

7. Pola makan sehat

Cara Berhenti Merokok dengan makan diet yang sehat tidak kalah penting. Sementara masih terbiasa Merokok, beberapa orang merasa bahwa mereka memiliki sedikit nafsu makan karena efek nikotin dan rokok pada rasa rasa. Ketika berhenti merokok, hidup diet sehat dapat menjadi langkah untuk menyehatkan tubuh serta pengingat untuk hidup gaya hidup sehat.


8. Pikirkan tentang manfaat

Ada banyak manfaat yang dapat diambil dari Berhenti Merokok, seperti:
Tubuh sehat. Berhenti merokok berarti menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko serangan jantung, stroke dan kanker.
Ada lebih banyak dana yang digunakan untuk membeli Rokok.
Hilangnya bau mulut akibat Merokok.
Kulit lebih cerah dan lebih jernih.
Keluarga termasuk anak di sekitar Anda menghindari bahaya merokok pasif.
Mendorong diri sendiri dengan mengingat manfaat di atas.

9.Hipnosis
Cara Berhenti Merokok melalui hipnosis diyakini untuk mengubah perilaku. Ketika terhipnotis, Anda merasa Anda dapat lebih rileks, mampu berkonsentrasi, dan bersedia untuk mendengarkan nasihat untuk berhenti merokok.

Karena praktek yang berbeda, efektivitas dalam berhenti merokok adalah sulit untuk belajar. Tetapi beberapa orang mengaku telah merasakan manfaatnya. Jika Anda ingin mencoba, dokter Anda mungkin dapat merekomendasikan terapis hipnosis profesional.Akupunktur
Penggunaan akupunktur sebagai cara untuk berhenti merokok biasanya diterapkan pada telinga. Meskipun terapi alternatif ini belum terbukti secara ilmiah efektif, tidak ada salahnya mencobanya sesuai dengan instruksi dari terapis berlisensi.


10.Obat

Jika metode berhenti merokok di atas belum berhasil, Anda dapat mengambil langkah medis. Dokter dapat meresepkan obat-obatan yang dapat membantu mengurangi keinginan untuk merokok dengan mempengaruhi proses kimia di otak. Obat ini juga membuat Merokok tidak lagi memuaskan. Ada juga obat yang dapat membantu meringankan efek dari kecanduan nikotin, seperti depresi dan ketidakmampuan untuk berkonsentrasi.

11.Terus mencoba

Diulang kegagalan untuk berhenti merokok adalah kondisi umum. Kegagalan itu tidak berarti Anda tidak bisa keluar dari Rokok. Banyak orang akhirnya dapat berhenti selamanya setelah mencoba beberapa kali.

12. Ingat proses

Jika berhenti segera terasa sulit, mulai perlahan-lahan. Sebagai langkah pertama, Anda dapat mengurangi frekuensi dan jumlah Rokok asap per hari sebagai cara untuk berhenti merokok. Menetapkan target mingguan sampai akhirnya Anda benar-benar dapat bebas dari efek Rokok adiktif. Jika perlu, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut untuk membuat penghentian Merokok Anda lebih efektif. Terimakasih


Ditinjau oleh: Dr. Astika tomy

No comments:

Post a Comment

Advertiser