Tuesday 3 September 2019

30 Cara Menghilangkan Bau Badan Tidak Sedap Sehingga Meningkatkan Percaya Diri

Oleh : Ahmad Abdulah
03 September 2019 22:30 WIB




Jakarta - Meskipun tidak terlihat, kehadiran bau badan yang tidak menyenangkan dapat mengurangi tingkat kepercayaan diri. Penampilan seseorang akan segera mengurangi tingkat dingin jika bau badan. Benar atau tidak?

Ilustrasi Lengan
(Pixabay)

Tidak Anda yang memiliki bau badan berbau yang tidak menyenangkan dan menyengat tetapi orang terdekat Anda? Bukankah menyenangkan untuk menjadi dekat dengan seseorang yang memiliki bau badan yang buruk, menyengat? Yakin.

Apa yang terjadi jika tidak menyenangkan, bau tubuh menyengat terjadi pada diri sendiri tanpa Anda tahu? Ya tidak sadar. Karena memang karena kita terbiasa dengan bau badan kita, maka kita sebagai pemilik tubuh sering tidak menyadari aroma tubuh mereka sendiri.

Apa yang menyebabkan bau badan menjadi tidak menyenangkan dan menyengat? Dan bagaimana untuk menyingkirkan bau badan secara permanen?

Penyebab bau badan adalah kelenjar keringat. Semua orang pasti memiliki kelenjar keringat. Biasanya keringat tidak memiliki bau. Tetapi jika tongkat terlalu lama untuk kulit bahkan selama berjam-jam itu akan menyebabkan masalah bau badan. Selama keringat menempel pada tubuh, bakteri yang secara alamiah terjadi pada kulit akan bertambah banyak dengan cepat sehingga bau badan menjadi tidak menyenangkan.

Keringat bau yang dihasilkan oleh kelenjar apocrine.
Keringat itu sendiri diproduksi oleh dua kelenjar penting dalam tubuh yaitu kelenjar accrine dan kelenjar apokrine. Kelenjar accrine adalah tempat di mana kelenjar yang jernih dan tidak berbau dihasilkan dari bayi. Biasanya di tangan, punggung, dan dahi. Kelenjar accrine menghasilkan keringat yang berguna untuk menurunkan suhu tubuh pada waktu tertentu.

Sementara bau badan yang tidak menyenangkan berasal dari kelenjar apocrine. Kelenjar ini terletak jauh di dalam kulit. Biasanya kelenjar ini berada di lipatan tubuh seperti ketiak. Jumlah ini masih pada saat karena ketiak memiliki pori cukup besar untuk keringat. Kelenjar akan mengeluarkan bakteri yang berperan dalam proses pembusukan. Oleh karena itu timbul bau badan yang tidak menyenangkan. Kelenjar apokrin itu sendiri hanya aktif setelah pubertas.

Setelah Anda tahu apa yang menyebabkan bau badan yang buruk dan menyengat, Anda segera membaca bagaimana untuk menyingkirkan bau badan yang buruk dan menyengat di bawah ini sebagai diringkas Liputan6.com (29/5).

Bagaimana menyingkirkan bau badan yang tidak menyenangkan secara alami
Keyakinan Anda berkurang karena banyak orang mengatakan bahwa bau tubuh Anda tidak menyenangkan dan menyengat? Ternyata ada banyak cara Anda tahu untuk menyingkirkan bau badan yang tidak menyenangkan dan menyengat yang menyebabkan Anda menjadi tidak aman.


Bagaimana menyingkirkan bau badan dengan bahan tradisional

4 manfaat daun sirih untuk kecantikan wajah

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam daun sirih efektif dalam pemberantasan masalah kesehatan. Daun sirih diyakini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit karena bahan internalnya. Vitamin C, Tiamin, Niacin, Riboflavin, dan karoten ditemukan dalam daun sirih. Daun sirih adalah cara yang efektif untuk menghilangkan bau badan dan keringat berlebihan dengan cepat.

Untuk menghilangkan bau badan dengan menggunakan daun sirih, caranya adalah:
  • Ambil beberapa daun sirih, kemudian didihkan dalam 2 gelas air
  • Kemudian campur dalam bak air yang Anda gunakan untuk mandi
  • Kemudian mandi menggunakan air memasak
  • Lakukan ini secara teratur, maka bau badan Anda akan segera menghilang.


2. Beluntas daun

Beluntas daun adalah tanaman kecil yang sering tumbuh di pantai. Beluntas daun adalah tanaman liar yang dapat tumbuh bahkan tanpa diperlakukan. Beluntas daun mengandung banyak senyawa yang tentu saja memiliki manfaat yang besar bagi tubuh. Ada alkaloid, minyak esensial, fosfor, kalsium, magnesium, lemak, natrium, falovonoid, tanin, asam amino, vitamin A, dan juga vitamin C.

Bagaimana menyingkirkan bau badan menggunakan daun ini:

  • Rebus Beluntas daun sampai matang
  • Minum air ini memasak secara teratur, sebanyak 2 kali sehari

3. daun Basil

Minyak atsiri yang diyakini menghilangkan bau badan berada di kemangi. Selain Basil juga berfungsi sebagai antiseptik.

Bagaimana:

  • Anda hanya perlu memakannya sebagai sayuran segar. Cukup dengan beberapa kemangi setiap pagi dan sore
  • Tetapi jika Anda tidak menyukainya sebagai sayur, Anda dapat menggunakannya sebagai teh.
Bagaimana:

  • Keringkan daun kemangi menjadi kering
  • Kemudian mash sampai halus, diseduh dengan air panas kemudian disaring
  • Diminum 2 kali sehari secara teratur

4. temulawak

Temulawak juga mengandung minyak atsiri dan zat lain seperti sapomin dan flavoinoida yang dapat menghilangkan bau badan. Untuk menyingkirkan bau badan jalan adalah:

  • Parut jahe hingga halus
  • Kemudian berikan air sambil merasan
  • Tambahkan 1 sdt madu untuk menyingkirkan bau
  • Minum jus jahe

5. bunga Kecombrang

Tidak hanya daun sirih, bunga Kecombrang juga kaya akan antioksidan dan zat lain yang bermanfaat bagi tubuh seperti saponin, fenolat, flavonoid, alkaloid, tannin, triterpenoids, glycoses, streoid, polifenol, antimikrobials, Vitamin, dan mineral. Zat ini berguna untuk menghilangkan bau yang tidak menyenangkan.

Yang perlu Anda lakukan adalah:

Bunga Kecombrang berderak dan batang.
Kemudian gunakan sebagai sabun pada tubuh setiap kali Anda mandi.


6. Jeruk purut

Manfaat yang kaya adalah salah satu keuntungan dari jeruk kapur. Meskipun asam kapur jeruk memiliki puluhan bahan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Ada serat, gula, karbohidrat, vitamin A dan C, kalori, zat besi, natrium, dan kalsium.

Bagaimana:

  • Squeeze 1 buah kapur jeruk kemudian Campurkan dengan segelas air
  • Diminum 2 kali sehari secara teratur

7. Nipis

Tidak hanya jenis jeruk yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Kapur juga tidak kurang berguna Anda tahu. Lime kaya akan vitamin C dan flavonoid. Bahan lain dalam kapur adalah asam sitrat, besi, tembaga, kalium, kalsium, makronutrien, serat, dan kalori. Bagaimana menyingkirkan bau badan dengan kapur Anda dapat mencoba sebagai solusi mudah berikutnya.

Bagaimana menerapkan kapur sebagai penghilang bau badan:

Potong kapur menjadi 2 bagian.
Oleskan ke ketiak Anda, sama seperti menerapkan deodoran ke ketiak Anda.


8. jahe

Jahe juga ternyata mengandung minyak atsiri, zingiberol, bisabolena, curcumen, Gingerol, filandrena, dan pahit resin. Minyak Atsiri seperti yang sudah sering disebutkan di atas, berguna sebagai pengharum. Wedang Jahe dikonsumsi sekali sehari secara teratur akan membantu menghilangkan bau badan.


9. Ketimun

Ketimun terdiri dari 95 persen air. Ketimun juga mengandung zat seperti vitamin K, vitamin C, magnesium, kalium dan mangan, vitamin A, Tiamin, Riboflavin, B-6, folat, Asam Pantotenat, kalsium, besi, fosfor, Seng dan tembaga.

Bagaimana:

Anda hanya perlu menggunakan mentimun sebagai masker pada ketiak.
Gunakan dua kali seminggu secara teratur.


10. cengkeh

Bahan tradisional lainnya yang mengandung minyak esensial cengkeh. Yang perlu Anda lakukan adalah:

  • Rendam bunga cengkeh dalam air panas sampai mereka mekar
  • Kemudian minum air
  • Diminum 2 kali sehari secara teratur, pasti bau badan Anda akan hilang.


11. bawang putih

Aroma yang menyengat membuat kita tidak menyukai bawang putih. Meskipun bawang putih berguna sebagai anti-bakteri karena kaya akan anti-oksidan. Apa yang membuat bau bawang putih tajam adalah isi dari senyawa belerang yang disebut allicin.

Untuk digunakan sebagai cara untuk menghilangkan bau busuk bau badan adalah:

Blend 3 siung bawang putih, kemudian oleskan ke ketiak
Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih


12. cuka

Kandungan asam dalam cuka akan membantu untuk membunuh bakteri dan kuman yang menyebabkan bau badan.

Bagaimana:

Masukan cuka pada kapas
Kemudian oleskan ke ketiak, gunakan sama seperti deodoran
 


13. daun jambu


Tidak hanya buah yang bisa dimakan, daun jambu biji juga berguna sebagai cara menghilangkan bau badan. Kandungan mineral dan anti bakteri dari daun jambu biji akan membunuh kuman yang menyebabkan bau badan.

Caranya adalah:

  • Daun 3 jambu yang hancur halus
  • Kemudian oleskan pada ketiak
  • Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih

14. baking soda

Baking soda ini diyakini menjadi penghilang bau badan karena menyerap keringat dan membunuh bakteri yang menyebabkan bau badan.

Caranya adalah:

  • Campurkan 1 sendok teh baking soda dengan 1 sendok teh air jeruk nipis, kemudian oleskan ke ketiak
  • Diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air hangat
  • Lakukan sekali sehari secara rutin
15. Cuka apel

Asam tartar pada apel dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Asam asetat juga dalam Cuka apel. Asam asetat ini berfungsi sebagai antimikroba.

Bagaimana:

Oleskan Cuka apel menggunakan kapas pada ketiak
Diamkan selama 15 menit lalu bilas
Setelah itu mandi
Gunakan masing-masing sebelum mandi


16. bunga rosemary

Tambahkan satu lagi tanaman yang mengandung minyak esensial sebagai cara untuk menghilangkan bau badan. Tidak hanya itu digunakan sebagai bahan herbal, Anda juga dapat menggunakan bunga Rosemary sebagai cara yang efektif untuk menyingkirkan bau badan. Ada dua cara untuk menerapkan Rosemary sebagai penghilang bau badan:

Yang pertama adalah untuk menerapkan minyak esensial Rosemary langsung ke ketiak.

Kedua, mandi menggunakan air matang rosemary.

 
Bagaimana menyingkirkan bau badan dengan gaya hidup sehat


17. mandi 2 kali sehari

Apakah Anda salah satu dari mereka yang jarang mandi? Lebih baik untuk tidak melanjutkan. Ini akan membuat bakteri yang menyebabkan bau badan akan semakin tumbuh di luar kendali. Dengan mandi rutin 2 kali sehari, efektif untuk membunuh bakteri yang menyebabkan bau badan.


18. Hindari makanan yang menyebabkan bau badan

Selain menjaga tubuh yang bersih dengan mandi 2 kali sehari. Anda juga harus mengatur makanan apa yang masuk ke dalam tubuh. Ada beberapa makanan yang akan menyebabkan tubuh bau-menyebabkan bakteri untuk berkembang dengan cepat. Jenis makanan yang menyebabkan bau badan adalah daging merah, alkohol dan kafein, makanan cepat saji, dan tembakau.


19. makan buah

Ini tidak lagi perlu dijelaskan bahwa buah-buahan sehat bagi tubuh. Karena buah-buahan mudah dicerna oleh tubuh, sistem pencernaan tubuh berfungsi sempurna sehingga tidak akan ada akumulasi lemak yang kemudian malah menyebabkan penambahan berat badan dan bau badan.


20. makan sayuran hijau

Sayuran hijau yang kaya klorofil efektif menghilangkan bau badan karena berfungsi sebagai deodoran alami.


21. rajin minum air

Proses berkeringat akan lebih halus dengan bantuan air mineral. Dengan keringat halus, bakteri dalam pori juga akan keluar dari tubuh. Minum sedikitnya 8 gelas air mineral sehari.


22. Jadilah rajin dalam olahraga

Latihan tidak menyebabkan Anda berkeringat. Tapi dengan berolahraga, keringat yang keluar akan menyingkirkan kuman dan bakteri yang ada di pori-pormu.


23. menyeka keringat segera dan sering

Keringat berlebihan dan akumulasi akan menyebabkan bakteri menjadi lebih bahagia untuk berkembang biak dalam tubuh Anda. Oleh karena itu, segera lap keringat Anda agar tidak menumpuk pada kulit.


24. cuci pakaian secara menyeluruh

Kedua pakaian yang Anda baru saja membeli atau pakaian kotor Anda harus mencuci secara menyeluruh untuk menghindari kehadiran bakteri atau virus yang ada di pakaian.


25. ganti pakaian secara teratur

Apakah Anda malas untuk berganti pakaian sehingga cucian tidak menumpuk? Sangat salah. Semakin sedikit Anda mengubah pakaian, bakteri yang bersarang di kulit akan menempel pada pakaian dan berkembang biak dengan cepat.


26. kenakan pakaian yang dapat menyerap keringat

Apakah Anda malas untuk menyeka keringat yang keluar? Jadi gunakan pakaian yang bisa menyerap keringat dengan baik. Hal ini agar bakteri tidak terus menempel pada tubuh. Pakaian yang dapat menyerap keringat adalah pakaian katun. Tapi jangan lupa untuk mencuci pakaian Anda secara menyeluruh setelah itu.


Bagaimana menyingkirkan bau badan secara medis


27. menggunakan deodoran

Meskipun tidak dapat mengurangi keringat, deodoran berguna untuk mencegah bau badan. Gunakan sebelum pindah.

28. Gunakan bedak

Banyak jenis bubuk yang dapat digunakan sebagai penghalang untuk munculnya keringat pada kulit. Anda bahkan dapat menggunakan bedak bayi, yang tentu saja bekerja untuk mencegah keringat keluar. Bubuk juga dapat menjadi cara untuk menghilangkan bau badan pada anak.


29. menggunakan antiperspirant

Antiperspirants mengandung bahan aktif, yaitu aluminium yang dapat menghambat pengeluaran keringat. Sebelum kegiatan jangan lupa untuk menggunakan ketiak.


30. konsultasi dengan dokter

Jika semua metode yang telah dijelaskan di atas tampaknya masih belum mampu menghilangkan bau badan Anda, maka sudah waktunya bagi Anda untuk berkonsultasi dengan dokter sehingga penyebab bau badan dan bagaimana menghilangkan bau badan yang efektif untuk Anda segera Anda kenal sehingga bau badan wil l segera menghilang.

Bau badan yang buruk tidak akan lagi datang jika Anda mengikuti beberapa tips di atas secara teratur.

Terimakasih telah membaca 30  Cara Menghilangkan Bau Badan Tidak Sedap Sehingga Meningkatkan Percaya Diri. Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment

Advertiser