Wednesday 4 September 2019

15 Makanan Penurun Kolesterol Tinggi, Mudah Didapat dan Ampuh

Oleh : Ahmad Abdulah
04 September 2019 07:30 WIB


Pengobatan, Jari, Tetap, Tangan

Kesehatan, Jakarta-kolesterol hadir dalam setiap tubuh manusia. Kolesterol itu sendiri terbentuk di hati dan memiliki fungsi penting bagi tubuh. Ada dua jenis kolesterol yang ditemukan dalam tubuh kita. Pertama adalah kolesterol LDL. Jenis kolesterol berbahaya bagi tubuh. Sementara kolesterol HDL adalah kolesterol yang dapat melarutkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Batas normal kolesterol dalam tubuh adalah 160-200 mg saja. Jadi jangan terburu-buru untuk berpikir negatif tentang kolesterol. Apa yang berbahaya adalah jika kolesterol dalam darah ternyata jauh lebih tinggi. Kadar kolesterol yang terlalu tinggi dapat menyebabkan penyakit dan juga menghambat aliran darah. Oleh karena itu sangat penting untuk secara teratur mengkonsumsi makanan penurun kolesterol.

Piala, Tee, Porselen, Minum, Dekorasi

Seiring dengan gaya hidup orang saat ini, kolesterol tinggi tidak hanya menargetkan orang tua, pada kenyataannya anak dapat memiliki kolesterol tinggi. Hal ini dikarenakan asupan makanan tidak terjaga. Terutama makanan berlemak. Makanan yang lebih berlemak yang masuk tubuh Anda, akumulasi lemak akan lebih meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh Anda. Contoh makanan berlemak; goreng makanan, daging kambing, susu, dan banyak lagi.

Ketika kadar kolesterol LDL tinggi, itu akan menyebabkan penyumbatan aliran darah. Tentu saja timbunan lemak yang buruk akan mengganggu pasokan makanan ke jantung. Ini akan memicu penyakit jantung dan stroke. Kadar kolesterol tinggi sering dikaitkan dengan mereka yang besar atau obesitas, tetapi pada kenyataannya orang kurus dapat memiliki kolesterol tinggi jika asupan makanan ke dalam tubuh tidak dipertahankan. Namun, tidak semua makanan buruk bagi tubuh, ada juga makanan penurun kolesterol terlalu. Mengurangi kolesterol tinggi dapat dilakukan dengan langkah yang tepat untuk mengkonsumsi nutrisi.

Nah, di sini diringkas dari berbagai sumber, berbagai makanan penurun kolesterol. Kemampuan menurunkan kolesterol makanan dalam tubuh bervariasi. Makanan yang mengandung serat larut dapat mengikat kolesterol dalam pencernaan dan mencegahnya memasuki sirkulasi darah. Ada juga makanan yang dapat menurunkan kadar LDL secara langsung berkat kandungan lemaknya yang tidak jenuh.


Jeruk Nipis, Anggur Dan Jambu merah

Jeruk Nipis, Limun, Minum, Haus


1. Jeruk Nipis

Yang pertama makanan penurun kolesterol tinggi adalah air jeruk nipis. Buah ini kaya akan flavonoid. Flavonoid bertindak sebagai anti-oksidan yang kuat. Anti-oksidan membantu melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas, terutama molekul tidak stabil yang dapat merusak sel sehat.

Anda hanya perlu minum air jeruk nipis dicampur dengan segelas air hangat di pagi hari ketika Anda bangun dan sebelum Anda pergi tidur. Lakukan secara rutin dan teratur sehingga kadar kolesterol buruk segera menurun.

2. Anggur


Umum anti-oksidan, seperti piceatannol dan Resveratrol, menghasilkan phytonutrien dalam anggur yang telah terbukti anti-mikroba. Anggur sendiri juga mengandung flavonoid yang secara alami bertindak sebagai anti-oksidan. Berkat bahan, anggur dapat digunakan sebagai makanan untuk menurunkan kolesterol tinggi. Caranya, minum jus anggur setidaknya sekali sehari secara teratur untuk mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh.

3. Jambu biji merah


Banyak kandungan isi  dalam jambu merah yang tentu saja bermanfaat bagi tubuh Anda. Ada anti-oksidan, fitonutrien, vitamin A, vitamin C, vitamin B3, vitamin B6, kalium, dan banyak lagi. Oleh karena itu, jambu biji merah berguna sebagai makanan untuk menurunkan kolesterol tinggi. Anda hanya dapat memakannya seperti itu atau diproses pertama ke jus. Pastikan untuk mengkonsumsi jambu biji merah secara teratur. 


Biji-bijian, brokoli, dan coklat gelap

Brokoli, Sayur, Diet, Makanan, Segar

By Pixabay


4. Gandum utuh

Nutrisi yang tinggi dalam biji-bijian dapat meningkatkan kemampuan sel dalam tubuh untuk berkembang dengan baik untuk mencegah efek radikal bebas baik dari luar atau di dalam tubuh. Biji-bijian yang sangat penting bagi kesehatan dan menyediakan berbagai nutrisi seperti protein, serat, zat besi, magnesium, fosfor, seng, tembaga, mangan, selenium dan vitamin B. berkat bahan mereka, biji-bijian dapat digunakan sebagai penurun kolesterol tinggi Makanan.

5. Brokoli

Brokoli dikenal sebagai makanan penurun kolesterol tinggi. Karena, brokoli mengandung serat tinggi yang dapat berfungsi untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh Anda. Brokoli akan membantu proses detoksifikasi tubuh secara alami. Dengan begitu banyak penyakit dalam tubuh akan segera diberantas. Untuk mendapatkan manfaat dari brokoli untuk mengurangi kolesterol jika brokoli dengan merebus dan menghindari menggunakan minyak untuk mengkonsumsi brokoli.

6. Coklat gelap

Snacking pada Dark Chocolate dapat menjadi cara yang menyenangkan untuk menurunkan kolesterol. Alasan cokelat adalah makanan penurun kolesterol tinggi adalah berkat theobromine yang memiliki khasiat untuk mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.



Apel, berries, dan alpukat

Alpukat, Makanan, Makanan Sehat



7. Apel

Lain makanan penurun kolesterol tinggi adalah Apple. Buah ini, terutama kulit mengandung pektin yang merupakan serat larut air yang efektif dalam mengurangi kolesterol. Pektin bekerja untuk menyerap kolesterol dan lemak buruk di usus kecil, untuk dibawa keluar dari tubuh melalui urin dan kotoran. Apel juga mengandung vitamin dan antioksidan polifenol yang membantu mengurangi peradangan. Selain itu, serat apel memberikan perasaan panjang kepenuhan sehingga Anda dapat menghindari makan makanan tidak sehat.

8. Berries (Strawberry, blueberry, cranberry)

Keluarga Berri kaya akan pektin, serat larut air yang dapat mengikat kolesterol yang diserap di usus kecil, sehingga penurunan kadar kolesterol buruk dan digantikan dengan HDL kolesterol baik. Berries juga dikenal sebagai makanan penurun kolesterol. Dalam sebuah studi milik Erlund et al dengan penelitian 72 mata pelajaran yang memiliki faktor risiko untuk penyakit kardiovaskular menunjukkan bahwa asupan 2 porsi buah per hari (1 porsi setelah makan siang, 1 melayani setelah makan malam) dapat meningkatkan kadar kolesterol di kedua HDL dan mengurangi tekanan darah sistolik. Selain itu, buah dari kelompok Berry ini juga tinggi polifenol, antioksidan yang baik dalam tubuh. Oleh karena itu rajin makan buah adalah langkah yang efektif untuk mengurangi kolesterol.

9. Alpukat


Alpukat adalah sumber yang baik dari lemak tak jenuh tunggal untuk kesehatan jantung. Alpukat juga kaya akan vitamin, mineral, dan senyawa yang menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh. Nah, alpukat dapat digunakan sebagai salah satu makanan untuk mengurangi kolesterol tinggi. Makan 1 alpukat per hari dapat membantu mengurangi kolesterol jahat (LDL). Penelitian menunjukkan bahwa selain mempengaruhi kadar kolesterol, alpukat dapat memberikan perasaan yang lebih tahan lama dari kepenuhan dan menstabilkan kadar gula darah. Alpukat juga kaya dengan Glutathione, antioksidan yang berperan dalam mencegah kanker dan penyakit jantung.



Pir, pepaya dan salmon

Buah, Pepaya, Pepaya, Pepaya, Pepaya


10. Buah pir

Lain makanan penurun kolesterol tinggi adalah pir. Ini satu buah yang tinggi dalam serat alami. Satu buah pir menengah dapat mencakup 16% dari kebutuhan serat harian Anda. Bahkan, nilai serat pir lebih tinggi dari apel. Jenis serat yang terkandung dalam pir adalah pektin. Pectin mengikat kolesterol dan mengangkut keluar dari tubuh sehingga kadar kolesterol LDL buruk dalam tubuh dapat menurunkan.

11. Pepaya

Pepaya diklaim efektif sebagai makanan penurun kolesterol tinggi. Pepaya adalah HDL penurun kolesterol buah yang juga tinggi antioksidan seperti Lycopene, vitamin C, dan vitamin E. kolesterol dapat menempel pada pembuluh darah dalam hal oksidasi, sampai akhirnya mengumpulkan untuk membentuk plak dan menutupi pembuluh darah. Vitamin E dan C dalam pepaya akan berbaur dengan enzim yang disebut paraxonase yang akan menghambat oksidasi kolesterol dalam pembuluh darah.

12. Salmon

Kandungan minyak Omega-3 dalam ikan bermanfaat untuk kesehatan. Omega-3 lemak terbukti dapat menangkal penyakit jantung, demensia, dan penyakit lainnya. Salmon adalah makanan penurun kolesterol tinggi. Hal ini didasarkan pada hasil penelitian dari Loma Linda University, menggantikan Omega-3 lemak yang ditemukan dalam ikan seperti salmon dan sarden dapat meningkatkan kolesterol baik oleh sebanyak empat persen.



Oatmeal, kacang almond, bawang putih


Bawang Putih, Memasak, Rasa, Makanan


13. Oatmeal

Makanan penurun kolesterol tinggi berikutnya adalah oatmel. Alasannya adalah, oatmeal kaya akan serat yang dapat menghambat penyerapan LDL kolesterol atau kolesterol jahat. Oleh karena itu, mulai membuat sarapan oatmeal kebiasaan sehingga kadar kolesterol Anda turun drastis.

14. Kacang almond

Almonds yang dikemas dengan asam lemak tak jenuh tunggal yang dapat meningkatkan kolesterol baik dan mengurangi kolesterol jahat. Tidak mengherankan, almond adalah makanan penurun kolesterol tinggi. Penelitian mencatat bahwa konsumsi almond setiap hari dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat oleh 3% sampai 19%.

15. Bawang putih


Bawang putih adalah lain menurunkan kolesterol tinggi makanan. Bawang putih adalah bumbu yang bergizi untuk mencegah pembekuan darah, menurunkan tekanan darah, dan melindungi jantung dari kontaminasi kolesterol jahat.

Itulah 15 Makanan Penurun Kolesterol Tinggi, Mudah Didapat dan Ampuh yang mudah di temukan dan dipraktekkan.

Terimakasih.

No comments:

Post a Comment

Advertiser