Friday 6 September 2019

Berbagai Cara Mengobati Sakit Gigi yang Terbukti Ampuh, di Rumah dan Dokter

Oleh : Ahmad Abdulah
07 September 2019 10:13 WIB

Gigi, Injeksi, Implan, Medis, Kedokteran


Setiap orang telah memiliki sakit gigi setidaknya sekali dalam seumur hidup. Tidak hanya membuat Anda sakit ketika makan, sakit gigi juga dapat menyebabkan sakit kepala dan tubuh sakit karena demam. Sayangnya, Anda biasanya tidak bisa pergi langsung ke dokter gigi ketika Anda masih sakit. Sambil menunggu jadwal konsultasi, Anda dapat mencoba berbagai cara untuk mengobati sakit gigi sendiri di rumah. Penasaran tentang apa yang umum sakit gigi obat?


Berbagai cara untuk mengobati sakit gigi di rumah
Jika Anda memiliki sakit gigi, solusi terbaik adalah pergi ke dokter gigi segera. Namun, dokter biasanya akan menyarankan Anda untuk kembali lain waktu ketika rasa sakit telah berkurang sedikit. Dokter gigi tidak dapat melakukan perawatan ketika gigi Anda masih dalam kesulitan.

Nah, selanjutnya sambil menunggu jadwal perawatan berikutnya.

1. Kumur air garam dapur

Garam, Memasak Garam, Batu Garam
(Menghilangkan ngilu)

Salah satu cara tercepat dan paling efektif untuk mengobati sakit gigi, apa pun penyebabnya, adalah dengan berkumur air asin.

Cara membuatnya cukup untuk membubarkan 1/2 sendok teh garam menjadi satu gelas air hangat (240 ml). Berkumur di mulut selama beberapa saat, berkonsentrasi pada daerah yang terkena. Kemudian lepaskan bilas mulut.

Garam akan menyerap kelembaban di mulut yang membantu membunuh bakteri yang menyebabkan sakit gigi. Air garam juga membantu mengurangi peradangan akibat infeksi.

Sebelum berkumur, Anda dapat flossing pertama untuk menghapus sisa makanan terselip di sekitar gigi yang sakit.


2. Kompres dengan Es




Sumber: Greensboro Dentist


Cara lain untuk mengobati sakit gigi adalah paket kompres es. Taruh beberapa potongan es dalam plastik dan kemudian menutupinya dengan kain lap tipis.

Tempatkan kompres di pipi sakit selama 15 menit. Anda juga dapat menerapkan kompres langsung ke permukaan gigi yang sakit. Metode ini akan membuat gigi saraf mati rasa sehingga rasa sakit tidak lagi terasa.

Ada satu trik menarik lainnya yang dapat Anda coba jika Anda ingin menggunakan kompres es kubus untuk mengobati sakit gigi. Pijat bagian belakang tangan daerah antara ibu jari dan telunjuk dengan kompres es kubus. Di daerah ini ada saraf yang sensitif terhadap "dingin " stimulasi sehingga mereka akan mengalahkan sinyal rasa sakit dari gigi Anda.

Catatan: pijat tangan pada sisi yang sama seperti sakit gigi.


3. mengunyah bawang mentah


makan bawang putih


Jika Anda tidak mendapatkan banyak itu, mungkin Anda dapat mencoba ini salah satu cara untuk mengobati sakit gigi. Bawang merah dan bawang putih adalah obat sakit gigi alami yang belum dikenal luas.

Kedua bawang ini memiliki sifat antiseptik dan antimikroba untuk membunuh kuman yang menyebabkan sakit gigi sambil mengendalikan rasa sakit mereka.

Ya, mengunyah bawang mentah selama beberapa menit di sisi mulut yang berdenyut. Ketika robek oleh gigi, bawang akan melepaskan allicin, zat berminyak yang berfungsi untuk membunuh bakteri.

Jika Anda tidak dapat mengunyah bawang, iris tipis bawang dan tempatkan langsung pada gigi yang sakit sebagai kompres.


4. Gargle dengan cuka


Apel, Cuka, Yg Melangsingkan, Terapi

Jika Anda tidak tertarik pada air garam, mungkin cara ini untuk mengobati sakit gigi dapat menjadi pilihan. Cuka dapur dan cuka sari apel mengandung sifat antibakteri dan antimikroba yang dapat membunuh kuman yang menyebabkan sakit gigi.

Namun, jangan bilas dengan cuka murni. Asam dari cuka dapat merusak enamel gigi jika terkena secara langsung. Jadi, pertama larut 1/2 sdt cuka dalam segelas air hangat. Gargle dan tahan di daerah yang terkena selama sekitar 30 detik. Setelah itu, segera buang.

Jika Anda tidak kuat dengan rasa asam cuka, Anda dapat menjatuhkan cuka pada kapas dan menempel kapas pada gigi yang sakit. Setelah itu, segera bilas dan sikat gigi Anda seperti biasa dengan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif.


5. Minyak cengkeh

Sumber: Natural Pigments

Minyak cengkeh adalah obat herbal yang telah lama digunakan sebagai cara untuk mengobati sakit gigi alami. Minyak ini mengandung senyawa eugenol sebagai agen anestesi alami yang diduga dapat membantu  "mematikan saraf " sementara.

Namun, berhati-hati sebelum menggunakan minyak cengkeh untuk obat sakit gigi. Sembarangan menuangkan minyak cengkeh di mulut, rasa sakit mungkin akan lebih buruk jika menetes ke lidah atau gusi sensitif.

Aman tuangkan pertama dua tetes minyak cengkeh pada bola kapas, kemudian mengenakan gigi yang bermasalah. Kompres sampai rasa sakit mereda. Anda juga dapat menggunakan cengkeh bubuk atau seluruh cengkeh dan menahan mereka di lokasi gigi yang sakit.

Setelah itu, bilas mulut untuk membilas sisa cengkeh yang mungkin tertinggal di mulut.


6. daun jambu



Jangan menghapus  daun jambu jika Anda baru saja membeli buah. Daun jambu biji memiliki anti-inflamasi, antimikroba, dan pada saat yang sama penghilang rasa sakit (analgesik) yang dapat menjadi cara untuk mengobati sakit gigi di rumah.

Anda melakukan ini dengan melipat atau bergulir satu atau dua lembar jambu daun, kemudian mengunyah sampai ekstrak air keluar. Dengan lidah Anda  "menangkap " jus dan menerapkannya ke daerah gigi yang terkena.

Jika metode ini sulit bagi Anda, cobalah didihkan empat sampai lima daun jambu dan Tambahkan sejumput garam. Kemudian biarkan dingin untuk sementara waktu. Gunakan ini solusi daun jambu sebagai obat kumur.

Cara mengobati sakit gigi dengan obat
obat asam mefenamat untuk fungsi dosis sakit gigi
Jika menggunakan obat sakit gigi alami tidak sangat efektif untuk Anda, mungkin sudah waktunya untuk beralih ke obat nyata. Anda dapat membeli sebagian besar obat sakit gigi di apotek terdekat atau toko tanpa perlu menebus resep dokter. Namun, Anda masih harus berkonsultasi dengan dokter gigi Anda untuk menemukan obat yang paling tepat untuk Anda.

Berikut adalah beberapa pilihan untuk obat sakit gigi yang paling efektif:

1. hidrogen peroksida 3%
Hidrogen peroksida adalah antiseptik cair yang sering digunakan sebagai obat kumur untuk membunuh bakteri yang menyebabkan peradangan pada gusi.

Caranya adalah dengan hanya melarutkan hidrogen peroksida dengan air kemudian bilas mulut Anda selama 30 detik. Setelah itu, segera buang dan bilas lagi dengan air bersih. Ingat, cairan hidrogen peroksida pertama harus dibubarkan karena bentuk murni dapat melukai mulut dan gusi.

Selain menjadi cara untuk mengobati sakit gigi, obat kumur ini juga dapat mengusir napas buruk yang merupakan tanda infeksi gusi.

2. parasetamol
Kemungkinan besar, Anda harus memiliki pasokan parasetamol di rumah dalam kasus penyakit. Sekarang, obat ini juga dapat membantu meredakan sakit gigi, Anda tahu!

Parasetamol adalah kelas NSAID yang bekerja untuk meredakan rasa sakit akibat peradangan. Parasetamol juga dapat mengurangi demam dan meringankan sakit kepala yang sering timbul karena sakit gigi.

Tetapi jika Anda memiliki alergi atau masalah serius di hati, Anda tidak dianjurkan untuk mengambil obat sakit gigi ini. Kemudian pastikan Anda membaca bagaimana menggunakannya pertama pada label Kemasan.

3. ibuprofen
Sama seperti asetaminofen, ibuprofen juga diklasifikasikan sebagai NSAID yang dapat menjadi cara untuk mengobati sakit gigi bersama dengan masalah lain yang menyertainya. Namun, hindari mengambil ibuprofen pada perut kosong karena akan menyakiti perut.

Jangan juga sembarangan dosis ganda untuk menyembuhkan lebih cepat. Metode ini tidak terbukti lebih efektif untuk menghilangkan rasa sakit. Jadi, pastikan Anda selalu membaca petunjuk untuk menggunakan obat bersama dengan dosis yang dianjurkan sebelum mengambil obat ini.

Jika rasa sakit telah menghilang, Anda harus segera berhenti menggunakan obat ini.

4. naproxen
Naproxen adalah pereda nyeri yang juga sering digunakan untuk mengobati sakit gigi. Obat sakit gigi ini tersedia dalam bentuk tablet dengan dosis 220 mg. Contoh merek naproxen adalah Xenifar.

Namun, Anda harus menyadari efek samping dari obat ini. Beberapa efek samping yang umum yang sering terjadi ketika mengambil obat ini adalah sakit perut, mulas ringan, diare, sembelit, perut kembung, sakit kepala, gatal dan kulit memerah, dan penglihatan kabur.

Jika Anda disarankan untuk menjalani operasi gigi, mengambil gigi misalnya, memberitahu dokter Anda terlebih dahulu bahwa Anda mengambil naproxen secara teratur.

Jika menggunakan obat medis juga tidak memperlakukan sakit gigi Anda, dokter Anda dapat merekomendasikan antibiotik yang memiliki dosis kuat atau prosedur medis tertentu. Misalnya menambal gigi, membersihkan tartar (scaling), pengobatan kanal akar (saluran akar), atau bahkan menarik gigi bermasalah dan menggantinya dengan dentures/gigi palsu

Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment

Advertiser