Tuesday 3 September 2019

10 Cara PAling Efektif Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi otak

Oleh : Ahmad Abdulah, 
03 September 2019 21:00 WIB

Otak adalah organ yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Organ ini berfungsi dari awal untuk berpikir hingga alam bawah sadar.
Pikir, Ide, Inovasi, Imajinasi
Jamak dikenal, penurunan fungsi otak pada orang tua. Itulah sebabnya mengapa kakek-nenek kita sering menderita karena penyakit pikun atau pelupa.
Namun, tidak sedikit orang muda yang dengan mudah melupakan alias bukan memori yang baik. Apakah Anda salah satu dari mereka?
Jangan khawatir. Saya memiliki solusi untuk Anda. Berikut adalah 10 cara yang dapat membantu Anda meningkatkan memori dan konsentrasi.

1. berolahraga secara teratur
Wanita, Berjalan, Menjalankan, Kebugaran
Meskipun berolahraga bagian yang bergerak adalah fisik, ternyata juga meningkatkan kemampuanotak
Ketika manusia berolahraga, otak akan bekerja pada kapasitas maksimumnya, sehingga memicu perkalian sel saraf yang kemudian akan memperkuat ikatan antara sel otak dan melindunginya dari kerusakan.
Selain, sel saraf juga mengeluarkan protein yang disebut neurotropic facto. Protein ini akan memicu produksi berbagai bahan kimia untuk otak sehat dan peningkatan kemampuan kognitif, termasuk kemampuan belajar.
Sebuah studi 2010 diterbitkan dalam jurnal Neuroscience juga telah membuktikan bahwa olahraga teratur tidak hanya meningkatkan aliran darah ke otak, tetapi juga dapat membuat penyelesaian pekerjaan dua kali lebih cepat daripada mereka yang tidak berolahraga.
Olahraga apa yang perlu Anda lakukan? Tergantung pada preferensi dan kondisi Anda. Di antaranya berenang, jogging, gym, atau bersepeda 3 kali seminggu.

2. perhatikan asupan makanan
Spageti, Pasta, Mi, Italia, Makan
Untuk meningkatkan memori otak, tentu saja, otak Anda perlu diberikan nutrisi yang baik untuk mempertahankan memori. Sebenarnya cukup sederhana untuk mempertahankan asupan makanan untuk otak, dengan makan lebih banyak sayuran dan mengurangi makanan yang mengandung banyak gula.
Beberapa aditif lain yang sangat baik untuk perkembangan otak adalah Omega-3 dan MCT (Medium-Chain trigliserida). Omega-3 sangat mudah untuk mendapatkan dari salmon, minyak ikan, kedelai, bayam, dan makanan laut. Sementara itu MCT adalah zat yang sangat tinggi dalam minyak kelapa.

3. terus belajar hal baru
Otak harus terus bekerja sehingga sel di dalamnya tetap terhubung satu sama lain. Salah satu cara untuk memperkuat memori dan konsentrasi adalah belajar hal baru.
Belajar hal baru yang membutuhkan kemampuan kognitif seperti menjahit atau merajut menurut sebuah studi memang cukup berhasil dalam mempertahankan memori pada orang tua.
Kuncinya adalah hanya satu, yang mencari kegiatan yang disukai dan merangsang otak. Berbagai pilihan dapat dibuat seperti membaca buku, mempelajari alat musik, teka-teki perakitan, berkebun, atau membuat kerajinan.

4. Hindari multitasking
Multitasking memang diperlukan dalam pekerjaan sehari-hari, terutama untuk ibu rumah tangga yang selalu sibuk di rumah setiap hari. Namun, ternyata terlalu sering menyelesaikan pekerjaan dalam multitasking dapat memiliki dampak negatif pada memori.
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa masing-masing manusia pada rerata kebutuhan sekitar 8 detik untuk menyimpan memori di otak. Jadi, ketika misalnya seseorang menelepon sambil mengangkut bahan makanan dan meletakkan kunci, kemungkinan Anda akan berada di luar fokus dan beberapa menit kemudian tidak dapat mengingat salah satu dari mereka.
Sebaliknya, orang yang fokus pada penyelesaian pekerjaan akan memiliki memori yang lebih baik. Oleh karena itu, menyelesaikan satu pekerjaan sebelum Anda mulai melakukan pekerjaan lain.

5. mempraktikkan konsep mnemonic
Konsep mnemonik juga dikenal sebagai jembatan keledai. Anda mungkin telah diajarkan untuk mengingat sesuatu yang lebih mudah dengan membuat jembatan keledai ini.

Mnemonik dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain:

  • membuat akronim atau singkatan
  • memvisualisasikan objek untuk mengingat apa yang perlu dilakukan
  • memotong-motong informasi sehingga lebih mudah diingat, seperti ketika mencoba untuk mengingat nomor telepon.


6. cukup tidur di malam hari
Bayi, Perawatan, Anak, Lucu, Tangan
Sebuah studi yang dilakukan di Universitas Harvard membuktikan bahwa manusia akan memiliki ingatan otak yang lebih kuat jika mereka mendapatkan cukup tidur di malam hari. Mendapatkan cukup tidur juga dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk melakukan lebih banyak hal yang menantang.
Tidur yang memadai juga berlaku untuk perkembangan otak balita. Balita yang terbiasa dengan naps terbukti memiliki kemampuan kognitif yang lebih baik sebagai orang dewasa nanti.

7. melakukan permainan asah otak
Catur, Buah Catur, Papan Catur
Cara lain untuk meningkatkan memori adalah dengan melakukan permainan otak, yang dapat membuat otak berpikir sedikit sehingga tetap terhubung ke sel di dalamnya. Jika seseorang tidak atau jarang Hones kemampuan otak, sel di otak mulai merosot sehingga menjadi mudah untuk melupakan.
Bermain permainan otak misalnya bermain catur yang membutuhkan fokus untuk berpikir tentang beberapa langkah di depan. Sekarang ada juga banyak situs yang menyediakan permainan otak gratis seperti lumosity.com.
Cobalah untuk secara teratur melatih otak dengan melakukan permainan otak untuk setidaknya 20 menit sehari. Jika Anda tidak terlalu menyukai permainan asah otak, Anda bisa belajar bahasa asing atau mengembangkan hobi dan kemampuan baru.

8. pengulangan memori atau ingatan
Bahkan memori yang baik membutuhkan waktu untuk mengulangi penghafalan sehingga lebih sempurna. Pengulangan atau pengulangan adalah cara yang terasa sangat diperlukan jika Anda ingin meningkatkan kemampuan otak untuk mengingat sesuatu.
Setelah mempelajari sesuatu, berikan jeda sejenak, lalu lakukan peninjauan kembali terhadap apa yang telah Anda pelajari. Ini akan membuat otak dilatih untuk membuka kenangan masa lalu sehingga tidak mudah untuk melupakan hal penting.
Pengulangan memori dapat dilakukan dengan bantuan menuliskan hal penting dalam buku catatan, mengulangi nama seseorang yang baru saja Anda temui berulang kali, dan mengulangi kalimat yang dikatakan seseorang kepada Anda.

9. hidup terorganisir
Sering lupa acara, ulang tahun, atau janji dengan keluarga?
Mulai hidup lebih terorganisir untuk mengurangi kepikunan karena kecerobohan diri. Memiliki agenda harian atau menginstal banyak aplikasi Organizer gratis untuk digunakan pada smartphone Anda.
Memiliki agenda harian akan membuat seseorang lebih fokus dan meningkatkan memori. Jika Anda memiliki agenda, cobalah untuk membawanya ke mana saja sehingga ketika ada hal yang perlu dicatat, Anda siap dan jangan lupa untuk membuat catatan.

10. Visualisasikan
Bagi orang yang tidak memiliki memori fotografis, mengingat nama dan wajah orang bisa jadi sulit. Terkadang orang hanya mengenali wajah orang lain tanpa bisa mengingat nama mereka. Di lain waktu, ada orang yang hanya mampu mengingat nama dan tidak dapat membayangkan wajah mereka.

Untuk masalah ini, itu ide yang baik untuk memvisualisasikan untuk memori yang lebih baik dari orang lain. Visualisasi dapat dilakukan misalnya dengan mengambil foto bersama-sama ketika bertemu, dan menyimpannya pada ponsel sebagai foto kontak, sehingga ketika Anda dihubungi kemudian, Anda sudah mengenali nama orang dan wajah.

Visualisasi juga dapat dilakukan dengan mempersamakan nama seseorang dengan sesuatu yang lain. Sebagai contoh, bagi seseorang yang bernama Alissa, Visualisasikan dalam pikiran Anda bahwa Alissa memiliki alis yang indah, sehingga ketika Anda bertemu lagi, Anda dapat langsung fokus pada alisnya dan ingat namanya dengan benar.
Itulah 10 cara meningkatkan daya ingat untuk Anda yang sering lupa atau kurang fokus. Selamat mencoba dan semoga dengan membaiknya ingatan, kehidupan akan berjalan lebih baik lagi.
Terimakasih

No comments:

Post a Comment

Advertiser