Tuesday 3 September 2019

13 Manfaat Pepaya Untuk Kesehatan dan Wajah, bukan hanya untuk pencernaan

Oleh : Ahmad Abdulah
02 September 2019 11:45 WIB




Kesehatan - Pepaya adalah salah satu buah yang dapat ditemui di banyak tempat, mulai dari pasar tradisional hingga supermarket. Pepaya adalah sejenis tanaman buah yang sangat terjaga. Pohon pepaya sangat sering ditemukan di setiap halaman rumah warga di Indonesia. Buah pepaya yang lezat dinikmati dalam suasana apapun. Dari pepaya yang masih muda bagi mereka yang sudah matang, bisa dinikmati sebagai kuliner yang sangat menggugah selera.

Buah, Pepaya, Makanan
[Ilustrasi by : Pixabay]



Selain harga yang terjangkau, manfaat pepaya untuk kesehatan dan wajah juga sangat banyak. Pepaya memang merupakan salah satu buah yang paling sehat yang kaya akan vitamin dan mineral, seperti fosfor, kalium, besi, magnesium, kalsium dan lain-lain. Manfaat yang paling efektif dari pepaya adalah untuk kelancaran pencernaan dan buang air besar, tetapi apakah Anda tahu bahwa pepaya memegang ribuan manfaat lainnya. Di balik rasa manis dari manfaat buah pepaya ini juga melimpah.


Sebuah vitamin yang sangat menonjol kontribusi adalah vitamin C
Pepaya matang lebih unggul dalam hal beta-karoten (276 mikrogram/100 g), betacryptoxanthin (761 mikrogram/100 g), dan lutein dan zeaxanthin (75 mikrogram/100 g). Beta-karoten adalah provitamin A serta antioksidan yang sangat efektif untuk menangkal serangan radikal bebas. Vitamin A yang Diperoleh dari 100 g buah pepaya matang berkisar dari 1094-18250 SI, tergantung pada varietas. Sementara betacryptoxanthin, lutein, dan zeaxanthin bertindak lebih sebagai antioksidan untuk mencegah kanker dan berbagai penyakit degeneratif. Kontribusi vitamin yang sangat menonjol adalah vitamin C (62-78 mg/100 g) dan folat (38 mikrogram/100 g). Kandungan Fiber per 100 gram dari 1,8 gram buah matang.

Serat pepaya sangat terkenal karena manfaatnya dalam memfasilitasi proses buang air besar (BAB) dan mencegah sembelit. Satu keping pepaya berukuran 140 gram dapat berkontribusi terhadap vitamin C sebanyak 150 persen dari tingkat kecukupan gizi yang disarankan per hari (RDA), serta kontribusi serat sebanyak 10 persen dari RDA. Sedangkan komposisi mineral dalam buah pepaya matang sangat baik, yaitu kalium dominan (257 mg/100 g) dan sangat sedikit natrium (3 mg/100 g). Sebuah rasio tinggi kalium untuk natrium sangat berguna untuk mencegah hipertensi. Mineral lain yang terkandung dalam jumlah lumayan adalah kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, seng, dan Selenium. Keuntungan lain dari manfaat buah pepaya adalah rendah lemak, tidak ada kolesterol, natrium rendah. Nah, di sini diringkas dari berbagai sumber, manfaat pepaya untuk kesehatan dan wajah.

Beberapa manfaat yang perlu diketahui dari pepaya:


1. memperkuat sistem kekebalan tubuh


Manfaat pertama dari pepaya adalah bahwa hal itu membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Vitamin A dan vitamin C dalam Pepaya dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah perkembangan infeksi. Makan pepaya secara teratur, akan menciptakan lapisan pelindung terhadap bakteri dan virus yang juga dapat menyebabkan pilek, batuk dan pilek.


2. mencegah penyakit jantung
Manfaat lain dari buah pepaya adalah untuk mencegah penyakit jantung. Hal ini disebabkan adanya serat, kalium dan vitamin yang dapat mencegah penyakit jantung. Peningkatan asupan kalium dikenal untuk mengurangi efek samping dari penyakit jantung. Itulah mengapa penting bahwa Anda memiliki sepotong pepaya setiap hari.


3. mencegah pembekuan darah

Gumpalan darah dalam tubuh dapat memperlambat sirkulasi darah dan menyumbat arteri. Dalam kasus yang parah, bahkan dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke. Nah, manfaat pepaya untuk kesehatan dapat mencegah pembekuan darah. Hal ini karena pepaya mengandung zat yang dikenal sebagai Fibrin yang dapat meningkatkan aliran darah.


4. manfaat pepaya untuk menjaga kesehatan pencernaan

Kandungan serat yang tinggi pada pepaya diyakini dapat memfasilitasi sistem pencernaan. Selain itu, Makan pepaya setiap hari dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari serat. Potong pepaya menjadi beberapa bagian (dadu), kemudian memeras satu kapur, kemudian Taburkan sedikit gula di atasnya. Memasukkannya ke dalam lemari es, dan memakannya ketika buah pepaya mulai dingin.


5. mengurangi peradangan

Manfaat buah pepaya untuk mengurangi peradangan. Karena, pepaya mengandung enzim yang disebut Papain dan chymopapain yang memiliki efek anti-inflamasi dan mengurangi risiko menderita penyakit kronis. Enzim ini juga dapat mengobati masalah lain yang terkait dengan peradangan seperti edema.


6. memiliki nutrisi penting bagi tubuh

Pepaya adalah sumber yang sangat baik vitamin dengan sifat antioksidan seperti vitamin A, vitamin E dan vitamin C. Buah jeruk ini juga menyediakan vitamin B kompleks dan mineral seperti kalium, tembaga dan magnesium. Vitamin dan mineral ini bekerja sama untuk mendukung regenerasi sel dan membantu mencegah penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas. Manfaat pepaya dalam hal ini adalah untuk memasok nutrisi yang penting bagi tubuh.


7. manfaat buah pepaya untuk tulang sehat

Dengan makan buah pepaya dapat memenuhi kebutuhan Vitamin K untuk kesehatan tulang yang baik. Karena mengambil tindakan dalam mengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium dan dapat mengurangi ekskresi kalsium ekskresi.


8. sebagai cadangan energi

Selain berfungsi untuk memperlancar pencernaan, manfaat pepaya juga dapat memberikan cadangan energi bagi Anda yang memiliki banyak aktifitas. Selain menjadi cadangan energi yang membuat Anda tidak mudah lelah, buah pepaya juga dapat membantu Anda untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak setiap malam dan tidak mengalami insomnia.


9. meningkatkan daya tahan tubuh

Pepaya mengandung vitamin C 33 persen lebih banyak dibandingkan jeruk. Hal ini membuat manfaat buah pepaya dapat diandalkan untuk membantu memulihkan kondisi tubuh setelah sakit. Selain itu, manfaat buah pepaya lainnya juga dapat memperkuat kekebalan tubuh.


Manfaat pepaya untuk wajah

Manfaat pepaya untuk Kecantikan :


10. mencegah keriput

Vitamin E dalam pepaya membuat manfaat pepaya untuk wajah adalah untuk menghentikan kerusakan sel dan juga mencegah keriput. Vitamin A bertanggung jawab untuk menunjukkan kulit yang halus dan bernoda. Vitamin C dan E meningkatkan produksi kolagen sehingga menjaga keteataan kulit.


11. mencerahkan kulit wajah

Vitamin dalam pepaya membantu mengurangi stres pada kulit dan mengangkat sel kulit mati. Ini memberikan efek yang santai, sehat, cerah dan segar. Selain itu pepaya mengandung antioksidan dan juga memelihara kulit wajah sehingga terasa lembut dan lentur. Cara mendapatkan manfaat pepaya untuk wajah adalah dengan menggunakan masker pepaya selama 20 menit kemudian bilas dengan air dingin.


12. mengatasi jerawat


Manfaat pepaya untuk wajah berikutnya adalah untuk mengatasi jerawat. Jerawat dan pori besar adalah dua masalah kulit yang paling ditakuti. Untuk melegakan Anda dapat menggunakan masker pepaya secara teratur. Selain itu, masker ini juga berguna untuk membantu menyamarkan flek hitam dari bekas jerawat dan bintik hitam yang membandel. Campur pepaya dengan lemon dan madu untuk membuat formula masker alami yang lebih sempurna.


13. Menghaluskan kulit wajah

Serat pepaya sangat terkenal karena manfaatnya dalam memfasilitasi proses buang air besar (BAB) dan mencegah sembelit. Satu keping pepaya berukuran 140 gram dapat berkontribusi terhadap vitamin C sebanyak 150 persen dari tingkat kecukupan gizi yang disarankan per hari (RDA) sehingga mampu membuat kulit wajah menjadi halus dari dalam.


Demikian  beberapa manfaat yang bisa kita ambil dari buah pepaya. Semoga bermanfaat
Terimakasih

No comments:

Post a Comment

Advertiser