Tuesday 3 September 2019

Bahaya Tidur Terlalu Lama (Ini Akibatnya jika terlalu lama)

Oleh : Ahmad Abdulah
03 September 2019 20:18 WIB



Jakarta - Segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan dapat berbahaya, termasuk tidur terlalu lama. Tahu apa yang bahaya tidur terlalu lama pada kesehatan Anda, dalam penjelasan berikut.


Setiap orang memiliki kebutuhan tidur yang berbeda, tergantung pada usia, aktivitas sehari-hari, gaya hidup, dan kondisi kesehatan. Waktu tidur ideal untuk orang dewasa antara 7 sampai 9 jam, sedangkan lansia (lansia) membutuhkan waktu tidur yang ideal sekitar 7 sampai 8 jam. Namun, kebutuhan tidur Anda dapat berubah, tergantung pada seberapa baik kualitas tidur Anda.



Memahami bahaya tidur terlalu lama
Seseorang dikatakan tidur terlalu lama jika Anda memiliki lebih banyak tidur daripada kebutuhan tidur ideal Anda, sering mengalami kesulitan bangun di pagi hari, sering mengantuk selama kegiatan, atau masih merasa mengantuk setelah tidur siang.

Jika itu terjadi terus menerus, bahaya tidur terlalu lama sehingga Anda dapat merasa termasuk:


Sakit kepala


Sempoyongan, Pusing, Keseimbangan
By Pixabay

Sering tidur terlalu lama pada siang hari begitu sulit untuk tidur di malam hari, akan membuat Anda mengalami sakit kepala keesokan harinya. Hal ini terjadi karena tidur terlalu lama dapat mempengaruhi pekerjaan senyawa kimia di otak.


Obesitas


Pria, Perut, Tebal, Obesitas, Perut Pria

Penelitian mengungkapkan, orang yang biasanya tidur lebih lama atau sekitar 9-10 jam di malam hari cenderung gemuk daripada orang dengan jam tidur normal. Hal yang sama dapat terjadi dalam kondisi kurang tidur.


Diabetes

Diabetes, Berhenti, Darah, Gula

Tidur terlalu lama atau sebaliknya terlalu sedikit, mempengaruhi peningkatan risiko diabetes. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang sering tidur terlalu lama atau kurang tidur, lebih berisiko gangguan dengan mengatur kadar gula darah.


Gangguan mental

Gadis Khawatir, Wanita, Menunggu, Duduk

Gangguan tidur seperti insomnia memiliki hubungan dekat. Namun, sebanyak 15% penderita depresi juga mengalami masalah tidur terlalu lama. Tidur terlalu lama lebih sering terjadi pada orang dengan depresi daripada orang dewasa muda atau mereka yang memiliki gangguan bipolar. Selain itu, tidur terlalu lama juga dapat menyebabkan gangguan memori, kecemasan, dan kelelahan.


Penyakit jantung

Sakit Hati, Sakit Dada, Sakit

Berdasarkan hasil penelitian, perempuan yang memiliki kebiasaan tidur antara 9 sampai 11 jam setiap malam lebih berisiko penyakit jantung daripada wanita yang biasanya tidur selama 8 jam setiap malam. Tidur terlalu lama dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, ini adalah apa yang membuat seseorang yang sering tidur terlalu lama untuk menjadi lebih rentan terhadap penyakit.


Nyeri punggung


Backpain, Nyeri Punggung, Kembali, Sakit

Bahaya tidur terlalu lama dalam posisi terlentang dapat menyebabkan sakit punggung. Untuk mengurangi rasa sakit, dokter merekomendasikan mengurangi kelebihan jam tidur atau mulai terbiasa tidur secara teratur dengan jumlah tidur normal.


Pentingnya memperhatikan kualitas tidur


Untuk mendapatkan manfaat nyata dari tidur, kualitas tidur Anda harus ditingkatkan. Kualitas tidur tidak selalu lama. Sebaliknya, tidur yang terlalu panjang tidak selalu berkualitas.

Di bawah ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas tidur Anda, sehingga Anda menghindari bahaya tidur terlalu lama.

Papan Buletin, Laptop, Komputer, Perekat

  • Membuat jadwal tidur
  • Pastikan Anda tidur tepat waktu dan mencoba bangun sebelum matahari terbit. Ikuti jadwal, termasuk akhir pekan.
  • Berolahraga secara teratur
  • Manfaat dari latihan dapat membantu Anda meningkatkan pola tidur sambil meningkatkan kualitas kesehatan Anda secara keseluruhan. Tapi menghindari latihan tepat sebelum tidur.
  • Hindari kafein dan alkohol
  • Kami merekomendasikan bahwa Anda enam jam sebelum tidur, tidak lagi mengkonsumsi kafein. Selain kopi, kafein yang perlu dihindari juga termasuk teh, soda dan cokelat. Selain itu, juga menghindari alkohol karena dapat menyebabkan Anda untuk bangun di tengah malam atau mimpi buruk saat tidur.
  • Ciptakan suasana kamar tidur yang nyaman
  • Kondisi kamar sangat mempengaruhi kualitas tidur Anda. 
  • mulai mengatur Ruangan, mulai dari mengatur suhu, suara dan cahaya lampu tidur. 
  • Untuk tidur dengan nyaman, pastikan kasur Anda juga nyaman. 
  • Perangkat elektronik, seperti telepon seluler (ponsel), harus dimatikan setidaknya 2 jam sebelum tidur. 
  • Alat ini dapat mengganggu jam tidur Anda.
  • Batasi jam tidur siang
  • Kebiasaan tidur dapat mempengaruhi tidur di malam hari. Membatasi waktu tidur Anda dapat membantu Anda menjaga kualitas tidur Anda di malam hari.



Tenang
Agar kualitas tidur Anda, cobalah untuk selalu menenangkan pikiran Anda. Hindari kebiasaan berpikir tentang hal yang berat sebelum pergi tidur.
Jika Anda sering tidur terlalu lama dan mulai merasa terganggu oleh kebiasaan, lebih baik untuk segera berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebabnya dan mendapatkan jalan keluar untuk mengatasinya, sehingga Anda dapat menghindari bahaya tidur terlalu lama.

Terimakasih

No comments:

Post a Comment

Advertiser