Tuesday 3 September 2019

18 manfaat kesehatan dari daun Kelor (efek samping)

Oleh: Ahmad Abdulah
02 September 2019 17:20

Mungkin Anda pernah mendengar pepatah ''Dunia memang tak selebar daun kelor ", itu karena daun Kelor/Moringa memiliki ukuran kecil.


Moringa, Hijau, Sehat, Sayuran Berdaun

Meskipun ukurannya kecil, daun kelor memiliki banyak manfaat penting bagi kesehatan. Bahkan, para ilmuwan menyebutnya pohon ajaib (pohon Miracle).
Daun Moringa/ kelor berbentuk oval, dan ukurannya yang kecil tersusun rapi pada tangkai, biasanya dimasak sebagai sayur untuk pengobatan. Penelitian tentang kemanjuran daun  kelor telah dimulai sejak 1980, pada daun, kemudian kulit, buah dan biji.

Organisasi Kesehatan Dunia WHO merekomendasikan untuk anak dan bayi dalam masa kanak-kanak mereka untuk mengkonsumsi tanaman ini.

karena manfaat dari isi besar dari daun Moringa, yang berisi:

• Kalium tiga kali lipat dari pisang
• kalsium adalah empat kali lipat dari susu
• vitamin C adalah tujuh kali dari jeruk 
• vitamin A adalah empat kali lebih banyak daripada wortel 
• dua kali protein susu.

Organisasi WHO menamai pohon  kelor sebagai pohon ajaib, setelah menemukan manfaat penting dari daun Moringa. Lebih dari 1.300 studi, artikel dan laporan telah menjelaskan manfaat Moringa dan kemampuannya untuk menyembuhkan penyakit, yang penting dalam menangani epidemi dan kekurangan gizi.
Penelitian menunjukkan bahwa hampir setiap bagian dari tanaman Moringa ini memiliki sifat penting, yang dapat dimanfaatkan dalam beberapa cara. Draxe. comThe 

manfaat dari daun Moringa:

1. Menjaga berat badan

Hal penting yang tidak boleh dilupakan adalah menjaga tubuh agar tetap seimbang. Studi yang dilakukan oleh para ahli menemukan bahwa teh Moringa membantu untuk menangani masalah pencernaan yang manfaatnya adalah untuk merangsang metabolisme tubuh untuk menjadi optimal dalam membakar kalori.
Pelaporan dari jabar.tribunnews.com, teh yang terbuat dari daun Moringa mengandung polifenol tinggi, yang bekerja sebagai antioksidan. Manfaat antioksidan untuk mendetoksifikasi racun dalam tubuh, dan memperkuat sistem kekebalan.


2. Menghilangkan bercak wajah 


  • Mengambil beberapa daun Moringa muda, 
  • tumbuk sampai sangat halus, 
  • kemudian digunakan sebagai bubuk (atau dapat juga dicampur dengan bubuk).

Menurut penelitian bahwa di beberapa negara ekstrak Moringa telah digunakan sebagai bahan baku untuk membuat kosmetik untuk kulit. Bagian dari tanaman Moringa yang banyak digunakan untuk kulit adalah kayu, daun, bunga dan biji-bijian.


  • Daun Moringa mengandung nutrisi seperti kalsium dan mineral seperti tembaga, besi, seng (seng), magnesium, silika dan mangan. Daun Moringa juga dapat pelembab alami, memiliki tujuan untuk mengangkat sel kulit mati dan membersihkan kulit.
  • Dalam daun Moringa, ada lebih dari 30 antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan kulit. Daun Moringa kaya akan mineral dan asam amino yang dapat membantu produksi kolagen dan keratin protein, yang penting bagi kesehatan semua jaringan kulit dalam tubuh.
  • Ada beberapa terkenal merek produk kosmetik yang menggunakan minyak Moringa sebagai bahan baku untuk produk-produknya. Terutama produk perawatan kulit seperti krim antipenuaan, krim anti-kerut, minyak aromaterapi, facialfoam, lotion, krim keringanan dan deodoran.
  • Manfaat tanaman Moringa sangat diperlukan untuk kesehatan dan Kecantikan kulit, mulai dari daun Moringa, Moringa minyak untuk Moringa bunga.
  • Moringa bunga sering digunakan sebagai bahan baku untuk kosmetik dan parfum, colognes, minyak rambut, dan minyak aromaterapi. Moringa bunga mengandung asam oleat tinggi, sangat baik suling ke dalam minyak. Minyak bunga Moringa dapat diandalkan untuk menyerap dan mempertahankan aroma.



3. Memanfaatkan daun Moringa untuk kecantikan ini bisa menjadi alternatif perawatan kecantikan alami


Selain menggunakan minyak esensial dan bubuk Moringa yang dijual di pasar, Anda dapat menggunakan daun secara langsung.
Metode ini, pertama membuat daun Moringa pasta. Pilih daun Moringa yang masih hijau dan segar, terpisah dari cabang.
Puree Moringa daun dengan sedikit air ditambahkan (sehingga Moringa daun ke dalam pasta).
Kemudian membuat campuran sebagai masker, pasta daun Moringa dapat disimpan untuk 3 hari di lemari es.


4. daun kelor sudah cukup nutrisi untuk menyusui ibu dan anak. 

Diriwayatkan dari health.liputan6.com, dosen di Fakultas Farmasi UGM Yogyakarta, yosi Bayu Murti menjelaskan bahwa pengembangan manfaat tanaman Moringa di Indonesia relatif terlambat dibandingkan dengan di luar negeri.

Namun, masih ada kesempatan untuk mengembangkannya untuk pangsa pasar domestik, sebelum itu akan diambil alih oleh produsen asing.
Yosi melihat potensi besar untuk mengembangkan pasar dari manfaat tanaman Moringa dalam meningkatkan gizi pada ibu menyusui dan anak.
"Daun Moringa mengandung protein, zat besi, dan vitamin C. Selain itu ada juga unsur flavonoid yang bermanfaat untuk membantu ibu menyusui menghasilkan lebih banyak susu. Kandungan protein membuat ASI berkualitas, "ujar yosi di Jakarta (12/8/2015).

Kandungan besi tinggi, yang 25 kali lebih tinggi dari bayam, dianjurkan bagi ibu untuk mengkonsumsi setelah melahirkan, di mana wanita haid umumnya kehilangan banyak besi.
Untuk anak, dapat dikonsumsi sejak bayi, bayi selama enam bulan.
Namun, yosi mengingatkan bahwa wanita hamil perlu menghindari mengkonsumsi daun Moringa saat hamil, terutama trimester pertama.


5. Menyuburkan mata 

Daun  kelor memiliki kandungan vitamin A yang tinggi yang sangat baik untuk mata. Konsumsi daun Moringa bermanfaat sehingga mata selalu dalam keadaan sehat dan jernih.
Daun Moringa dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit mata, dapat dimakan langsung (setelah daun dibersihkan).
Menurut Tati Winarto, seorang ahli herbal dari Yayasan pengembangan tanaman obat Karyasari, menjelaskan bahwa daun Moringa memiliki kandungan nutrisi yang banyak, salah satunya adalah vitamin A dan kalsium.
"Kandungan vitamin A dalam daun Moringa bermanfaat untuk melindungi kesehatan mata, baik dari mulai mengurangi risiko Plus, minus, silindris dan katarak. Daun Moringa juga baik bila dikonsumsi oleh penderita diabetes dan berguna untuk membersihkan matanya, "ujar Tati Winarto. jitunews.com


6. Antioksidan dan senyawa anti-inflamasi 

Menurut laporan yang diterbitkan dalam Asia Pacific Journal of pencegahan kanker, daun Moringa mengandung campuran asam amino esensial, karotenoid phytonutrien, antioksidan seperti Quercetin, dan alam antibakteri senyawa yang memiliki fungsi seperti obat anti-inflamasi.

Daun Moringa memiliki beberapa senyawa anti-penuaan yang dapat mengurangi efek stres oksidatif dan peradangan. Manfaat semakin optimal dalam kehadiran senyawa polifenol, vitamin C, beta-karoten, Quercetin, dan asam klorogenat senyawa ini terkait dengan penurunan risiko untuk penyakit kronis, seperti perut, paru, kanker usus, diabetes, hipertensi, dan penyakit mata karena usia. (draxe.com)


7. Merawat ginjal 

HealthTati Winarto menjelaskan bahwa konsumsi makanan sehat secara otomatis membantu ginjal untuk bekerja secara optimal (fungsi), jika tidak sehat makanan (salah satunya adalah tinggi lemak makanan) akan menumpuk di ginjal...
menyebabkan masalah kesehatan. Konsumsi daun Moringa, secara otomatis membantu memulihkan kesehatan ginjal yang sudah dalam kondisi buruk. (jitunews.com)


8. Memperlambat efek penuaan 

Sebuah studi 2014 diterbitkan dalam Journal of Food Science and Technology untuk menguji manfaat dari Moringa. Mengetahui tentang tingkat enzim antioksidan yang berharga, para peneliti ingin menyelidiki Apakah daun Moringa dapat membantu memperlambat efek penuaan, dengan memanfaatkan antioksidan herbal alami, yang mampu menyeimbangkan hormon alami.
Studi yang melibatkan 90 menopause wanita antara usia 45-60 tahun ini dibagi menjadi tiga kelompok, yang diberi berbagai tingkat suplemen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa suplementasi dengan Moringa dan bayam menyebabkan peningkatan yang signifikan dalam senyawa antioksidan, yang memainkan peran penting dalam memperlambat efek penuaan. (draxe.com)


9. Mengobati reumatik 

Daun Moringa dapat digunakan untuk mengobati rematik. Penggunaan daun Moringa dalam pengobatan rematik untuk mengurangi rasa sakit pada sendi dan mengurangi akumulasi asam urat pada sendi, yang sangat penting dalam mengatasi masalah rematik atau gout. Manfaat daun Moringa dapat digunakan untuk arthritis, nyeri rematik sakit, nyeri, dll.


10. Mencegah penyakit jantung 

Sebuah studi pada hewan di laboratorium yang diterbitkan dalam edisi 2009 Februari "Journal of obat makanan " menemukan bahwa Moringa daun dapat mencegah kerusakan jantung dan memberikan manfaat antioksidan.
Dalam studi, pemberian dosis 200 miligram per kilogram berat badan setiap hari selama 30 hari mengakibatkan tingkat yang lebih rendah dari lipid teroksidasi, dan jaringan jantung dilindungi dari kerusakan struktural.

Para peneliti menyimpulkan bahwa daun Moringa memberikan manfaat yang signifikan untuk kesehatan jantung. Penelitian lebih lanjut masih diperlukan, untuk memperkuat Temuan ini.


11. Anti-kanker 

Dalam studi kultur jaringan sel kanker serviks manusia, diterbitkan dalam edisi Juni jurnal  "Toksikologi makanan dan kimia ", ekstrak Moringa dapat mencegah pertumbuhan dan reproduksi sel kanker. Peneliti menyimpulkan bahwa daun Moringa menunjukkan potensi sebagai pencegahan alami kanker.
Antioksidan dalam daun Moringa sangat tinggi, selain kandungan kalium yang tinggi. Membuat daun Moringa memiliki sifat untuk memperlambat dan bahkan menghilangkan kanker dalam tubuh.


12. Mengatasi diabetes 

Kandungan mineral yang tinggi, yaitu seng, membuat daun Moringa memiliki sifat anti diabetes. Konten yang diperlukan untuk produksi insulin, menurut para peneliti dari University of Wisconsin LaCrosse, yang melakukan studi hewan di laboratorium, diterbitkan dalam edisi 2012 Juni dari  "Journal of diabetes ".
Daun Moringa dapat mengurangi kadar gula darah sehingga menjadi normal. Daun Moringa dapat digunakan sebagai insulin alami untuk mengobati diabetes. Sehingga konsumsi sayuran daun Moringa dapat mencegah penyakit gula darah atau diabetes.

Menurut draxe.com, senyawa asam klorogenat dalam daun Moringa terbukti untuk membantu mengontrol kadar gula darah dan memungkinkan sel untuk mengambil atau melepaskan glukosa (gula) yang diperlukan. Selain asam chloregnic, senyawa isothiocyanate juga telah dikaitkan dengan perlindungan alami terhadap diabetes.
Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal internasional ilmu makanan teknologi, menemukan bahwa daun Moringa memiliki efek positif pada glukosa darah dan kontrol insulin pada pasien diabetes.


13. Meningkatkan kesehatan pencernaan 

Daun Moringa memiliki sifat anti-inflamasi, yang dapat mencegah atau mengobati mulas, penyakit hati, kerusakan ginjal, keluhan pencernaan, dan infeksi. Common menggunakan minyak Moringa membantu meningkatkan fungsi hati, itu karena manfaat detoksifikasi racun dan zat berbahaya dalam tubuh. Hal ini juga memungkinkan untuk mengobati penyakit batu ginjal, infeksi saluran kemih, sembelit, retensi cairan dan diare. (draxe.com)


14. Bantuan arthritis 

Daun Moringa membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit dalam beberapa bentuk arthritis, menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam edisi 2011 Februari dari Journal of Cina Integratif Medicine.

Dalam penelitian hewan di laboratorium, ekstrak daun Moringa mengurangi sensitivitas terhadap stimulasi menyakitkan di sendi rematik. Para peneliti mencatat bahwa kombinasi ekstrak akar dan daun memiliki  "efek sinergis " untuk mengurangi rasa sakit.


15. Melindungi tubuh dari Bakiasesuai 

Tati Winarto, ahli herbal, ekstrak daun Moringa mengandung senyawa antibakteri. Dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Bayero ilmu murni dan terapan, ekstrak daun Moringa mampu menghambat pengembangan mikroorganisme berbahaya seperti Staphylococcus aureus, Pseudomonas aemenyesalnosa, aeroobacter dan Escherichia Koli. (jitunews.com)


16. Kulit sehat 

Daun Moringa mengandung vitamin C dan antioksidan yang sangat tinggi, manfaat yang sangat penting bagi kesehatan kulit. Daun Moringa dapat digunakan sebagai sayur, jika dikonsumsi secara teratur memiliki sifat untuk menghaluskan kulit dan mencegah jerawat.

Daun Moringa yang hancur juga dapat digunakan sebagai masker wajah, yang dapat membuat kulit wajah lebih halus dan sehat.

Menurut draxe.com, daun Moringa mengandung antibakteri alami, anti jamur dan senyawa antivirus yang melindungi kulit dari infeksi. Manfaat termasuk menghilangkan bau, mengurangi peradangan yang terkait dengan jerawat, mengobati infeksi atau abses, menyingkirkan ketombe, membantu untuk menyembuhkan gigitan, luka bakar, karena virus dan luka.



17. Menurunkan tekanan darah dan kolestero

Menurut Tati Winarto, ahli herbal, salah satu manfaat tak terduga dari daun Moringa adalah mempertahankan kadar darah dan mencegah kolesterol tinggi. Ini adalah seperti yang dijelaskan dalam Journal of Phytotherapy Research.
Itu karena daun Moringa mengandung glikosida hiocarbamate, nitril dan minyak glikosida mustard, yang memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah. (jitunews.com)


18. Menstabilkan suasana hati dan melindungi kesehatan otak 

Sebagai makanan protein tinggi dan sumber yang kaya asam amino triptofan, daun Moringa memiliki manfaat sebagai neurotransmitter, termasuk membantu tubuh dan suasana hati untuk  "merasa baik ".
Kandungan antioksidan dan senyawa tiroid, berguna untuk menjaga tingkat energi tubuh, sehingga mencegah kelelahan, depresi, suasana hati yang buruk dan insomnia.


Efek samping dari Moringa daun daun Moringa cukup aman ketika diambil oleh mulut dan digunakan dengan tepat. Daun, buah, dan biji mungkin aman jika dikonsumsi sebagai makanan. Namun, penting untuk menghindari mengkonsumsi akar tanaman Moringa, yang dapat mengandung zat beracun.

Konsumsi tanaman Moringa harus dihindari untuk wanita hamil karena bahan kimia yang terkandung di dalamnya, itu dikhawatirkan menyebabkan komplikasi selama kehamilan dan keguguran. Ada perbedaan pendapat mengenai hal ini, tetapi yang terbaik adalah menghindari mengkonsumsi daun Moringa saat hamil atau menyusui. 

Terimakasih telah membaca 18 manfaat daun kelor semoga bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment

Advertiser