Sunday 1 September 2019

14 Obat Gatal Alami yang Ampuh (No. 5 dan 12 ternyata juga masuk daftar)

Oleh : Ahmad Abdulah
Minggu, 01 September 2019 15:00 WIB

Kesehatan-Setiap orang pasti telah mengalami gatal pada kulit, baik jarang, sering atau bahkan setiap hari. Tidak sedikit yang mengalaminya tetapi tidak tahu persis apa yang menyebabkan gatal pada kulit. Bahkan, ini akan membuat lebih mudah untuk menemukan obat gatal alami dan tradisional untuk mencegah gatal dari datang kembali.



Penyebab kulit gatal
Gatal tidak membuat kita tidak nyaman, dalam bentuk sensasi menjengkelkan yang membuat kita pasti merasa tidak nyaman. Mungkin pada pandangan pertama terlihat sepele, ketika gatal pasti menggaruk itu. Tapi di balik kulit gatal ada beberapa kemungkinan penyebab mulai dari masalah sederhana untuk masalah kesehatan yang cukup serius. Kondisi ini harus segera diobati dengan gatal.

Penyebab sederhana gatal misalnya ketika kulit digigit oleh nyamuk itu akan terasa gatal, gatal mungkin disebabkan hanya sebentar dan tidak parah.

Sementara itu, penyebab gatal adalah karena penyakit serius, misalnya karena gangguan fungsi hati yang membuat peningkatan kadar bilirubin darah yang menyebar ke kulit, sehingga kulit terlihat kuning dan terasa gatal, dan ada banyak contoh lain.

Singkatnya, penyebab kulit gatal dapat menjadi hasil dari ruam lokal atau kondisi kulit lainnya, seperti psoriasis atau dermatitis. Atau penyebab gatal kulit adalah hasil dari penyakit internal (sistemik), seperti penyakit hati atau gagal ginjal. Penyebab lokal menyebabkan gatal hanya pada kulit yang terkena sementara penyebab sistemik menyebabkan gatal pada kulit seluruh tubuh.


Obat gatal alami yang efektif ?
Ada berbagai bahan tradisional yang dapat digunakan untuk membuat ramuan gatal alami pada kulit dan bagaimana, termasuk:

1. Daun salam

Pertama obat gatal alami adalah daun salam (Bay). Cara membuat ramuan ini dengan menghancurkan beberapa daun Teluk yang telah dicuci dan dioleskan pada kulit yang gatal.

2. Minyak kelapa

Minyak Kelapa Pada Sendok Kayu

Siapkan minyak kelapa. Setelah itu, Panaskan, kemudian oleskan ke kulit saat masih hangat.


3. Daun Mahkota Dewa

Cara membuat obat gatal dari daun mahkota dewa adalah dengan menggiling sampai halus dan kemudian menerapkannya ke kulit gatal. Biarkan beberapa saat dan gatal akan hilang.

4. Batang Frangipani

Frangipani, Candi Pohon

Tidak hanya daun, ternyata obat gatal juga dapat dari batang. Batang pohon Frangipani tumbuk sampai halus, lalu obat gatal alami ini diterapkan pada bagian tubuh gatal.

5. minyak goreng dan garam

Minyak Zaitun, Salad Dressing, Memasak

Percaya atau tidak, Anda dapat menggunakan campuran minyak goreng dan garam. Campur garam menjadi sedikit minyak goreng, kemudian aduk dan oleskan pada area kulit yang gatal.

6. lidah buaya
Tanaman Lidah Buaya, Hijau, Alam, Daun

Berkat sifat antibakteri, antifungal, anti-inflamasi dan emolien sifat, gatal kulit ini sangat baik untuk mengobati sejumlah penyakit kulit termasuk ruam yang juga menenangkan kulit.

Jika gel lidah buaya segar yang ideal untuk berurusan dengan kulit gatal tidak tersedia, Anda dapat membeli Aloe Vera gel atau ekstrak di apotek.


7. susu dan madu

Cara membuat obat gatal tradisional dengan menuangkan susu ke dalam mangkuk, celupkan kain putih bersih dalam susu dan menerapkannya pada kulit gatal dan kering selama 5 menit. Susu memiliki sifat anti-inflamasi yang biasanya dapat menghilangkan gatal dari kulit kering. Susu sangat menenangkan pada kulit yang meradang, kering, dan gatal. Mandi sekali sebulan juga dapat membantu. Begitu juga dengan madu.


8. jus lemon

Obat gatal pada kulit dapat langsung diterapkan untuk kulit gatal yaitu jus lemon yang berfungsi untuk meringankan iritasi. Anda mungkin ingin menghindari iritasi kulit jika Anda sering menggaruk di daerah kulit gatal. Jangan mengobati gatal dengan cara ini jika ada bekas goresan pada kulit karena dapat membuat kulit menjadi sakit dan lebih membuat iritasi.


9. buah kering

Prem Kue, Plum, Streusel Kue, Kue, Manis

Buah ini  kaya vitamin A, B dan E juga obat untuk kulit gatal dan kering, karena kekurangan vitamin ini menyebabkan kulit kering. Buah kering membantu menjaga kelembaban di kulit. Mengonsumsi buah-buahan kering secara teratur dapat membantu merawat kulit yang sangat kering.


10. selasih

Basil, Ramuan, Herbal Kuliner

Selasih atau kemangi mengandung sejumlah besar eugenol, anestesi topikal. Bagaimana membuat obat kulit gatal ini?.
  • Cukup menempatkan 1/2 daun kemangi kering dalam 1 liter air mendidih. 
  • Tetap tertutup untuk mencegah pelepasan eugenol aromatik dari teh. 
  • Setelah mendidih, biarkan dingin. 
  • Celupkan kain bersih ke dalam teh kemangi dan oleskan ke kulit gatal sampai sembuh.

11. daun mint

Daun mint mengandung Menthol berlimpah, memiliki anestesi dan anti-inflamasi properti. Ini dapat mengatasi gatal Alergi tradisional ketika topikal diterapkan. 
Untuk membuat teh mint, 
  • tambahkan 1 ons daun mint kering di 1 cangkir air mendidih. 
  • Tutup dan biarkan dingin. 
  • Saring, celupkan kain yang bersih ke dalam teh, dan oleskan pada kulit gatal.

12. santan

Santan tidak hanya mengurangi rasa gatal dan kekeringan pada kulit, tetapi juga membantu melawan flek hitam dan noda. Gosok ke wajah dan tubuh, dan membiarkannya semalam.


13. Cuka apel

Jika Anda mengalami kulit kering dan kulit gatal di daerah tertentu, oleskan Cuka apel menggunakan bola kapas. Jika semua kulit gatal dan kering, tambahkan dua atau tiga cangkir gatal ke air mandi dan rendam selama 15 hingga 30 menit.


14. baking soda

Baking Soda, Kotak, Putih, Bubuk

Berendam dalam baking soda air untuk 30-60 menit dapat mengatasi kulit gatal. Tambahkan satu cangkir baking soda pada bak air hangat. Setelah mandi, sangat penting untuk menepuk halus kulit Anda dengan handuk. Untuk gatal di daerah tertentu dari kulit, Anda dapat membuat pasta dari campuran air dan baking soda.

Obat gatal untuk alergi kulit

Kulit gatal karena Alergi dapat disebabkan karena berbagai faktor Alergi. Untuk itu, sebelum mencoba mengatasinya dengan obat gatal alami pada kulit yang disebabkan oleh alergi terhadap sesuatu, maka Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit. Karena penanganan yang salah dapat menyebabkan penyakit lain yang mungkin muncul sebagai efek samping.

Gatal karena alergi yang tidak disebabkan oleh kuman atau bakteri tertentu dapat disembuhkan dengan menggunakan obat gatal tradisional menggunakan peai Cina dan daun sirih.

Cara membuat obat gatal ini dengan merebus 10 daun sirih dan 60 gram peai Cina menggunakan 600 ml air. Kemudian oleskan air masak ke area kulit yang gatal karena Alergi. Gunakan sebaiknya setelah mandi atau sebelum pergi tidur.

Anda dapat memilih untuk menggunakan obat-obatan gatal tradisional yang lebih alami dan memiliki risiko relatif kecil efek samping.

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh Dr. Patricia Aulia
Terimakasih.

No comments:

Post a Comment

Advertiser