Tuesday 3 September 2019

11 Manfaat Apel untuk Kesehatan Tubuh bisa dapatkan | FAKTA APEL

Manfaat kesehatan apel untuk kesehatan
Oleh : Ahmad Abdulah 
02 September 2019 11:30 WIB


KESEHATAN-Siapa yang tidak tahu apel? Buah yang sangat akrab ini dapat ditemukan di manapun Anda berada, baik di pasar tradisional, minimarket dan bahkan supermarket. Siapa yang akan berpikir, di balik rasa yang lezat dan segar, ada banyak manfaat kesehatan apel yang dapat diperoleh oleh tubuh Anda.

Selain menjadi segar dan  populer, memang ada banyak manfaat apel untuk kesehatan tubuh. Manfaat kesehatan dari apel yang dapat diperoleh oleh tubuh termasuk mengobati berbagai penyakit dan mengganti sel jaringan tubuh yang rusak. Apakah itu hanya manfaat apel untuk kesehatan tubuh?

Apel, Jonagold, Sehat, Makanan, Vitamin
(By pixabay)

Rupanya tidak. Manfaat apel untuk kesehatan tubuh banyak dan Anda dapat mengambil keuntungan maksimum dengan makan apel secara teratur tapi tidak terlalu banyak.

Berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan apel yang harus Anda ketahui.

Manfaat apel untuk kesehatan tubuh


1. Cegah stroke

Ini adalah manfaat kesehatan pertama apel. Banyak yang tidak tahu bahwa manfaat kesehatan apel adalah untuk mencegah stroke.

Menurut hasil penelitian yang diterbitkan dalam Journal of The American Heart Association, ditemukan fakta yang cukup menarik bahwa buah-buahan dengan daging putih seperti apel dapat mengurangi risiko stroke.

Buah-buahan dengan daging putih mencerminkan adanya senyawa fitokimia yang memiliki manfaat seperti karotenoid (merah, kuning & oranye dalam buah-buahan dan sayur-sayuran) dan flavanoids, keduanya berfungsi sebagai antioksidan. Dengan mengkonsumsi setidaknya 1 apel secara teratur setiap hari itu akan mencegah Anda dari stroke.


2. membantu Diet

Manfaat apel untuk kesehatan lebih lanjut adalah untuk membantu program diet. Apel sangat berguna bagi Anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan. Seseorang yang pergi pada diet membutuhkan banyak makanan yang mengandung serat, terutama dalam buah-buahan dan sayuran. Apel diyakini dapat merespon perut untuk membuat penuh dengan cepat karena serat yang terkandung di dalamnya sangat tinggi. Sangat penting bukan  manfaat kesehatan apel yang satu ini?


3. menetralisir kadar gula darah

Diabetes atau dikenal sebagai diabetes mellitus adalah penyakit yang sangat menghantui bagi mereka yang sudah memiliki keturunan dari penyakit ini. Meskipun memiliki rasa manis, apel mampu mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh secara efektif.


Baca juga :
Manfaat Buah Tomat

4. menurunkan kolesterol

Manfaat apel untuk kesehatan berikutnya yang dapat dirasakan oleh tubuh adalah untuk mengurangi tingkat kolesterol jahat. Dengan makan 1 apel setiap hari, hal ini diyakini mengurangi asupan kalori sebanyak 15%. Karena apel tinggi serat, manfaat kesehatan apel adalah bahwa apel mampu mengikat lemak dalam tubuh yang kemudian akan dihapus oleh tubuh.


5. meningkatkan kesehatan kulit

Manfaat kesehatan apel yang jarang dikenal oleh orang adalah kemampuan mereka untuk mempertahankan kulit yang sehat. Kulit adalah salah satu faktor yang mempengaruhi penampilan terutama untuk seorang wanita.

Manfaat apel sangat baik untuk kesehatan kulit jika Anda mengkonsumsi mereka secara teratur. Sementara manfaat apel lain juga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat sehingga penampilan kulit tidak hanya memancarkan dari dalam tetapi juga terlihat sehat dari luar dan kulit menjadi bersih dan sehat.


6. mengurangi resiko penyakit jantung

Manfaat apel untuk kesehatan lebih lanjut adalah mengorangi risiko penyakit jantung. Regular konsumsi apel satu atau dua hari dianggap untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan mengurangi kolesterol. Apel ini dapat mengurangi penyumbatan dan peradangan di dinding arteri.

Perlu diingat bahwa manfaat kesehatan dari apel dikenal karena kandungan serat larut dalam lemak, seperti pektin, fitonutrien (nutrisi nabati), dan antioksidan yang mencegah kolesterol terakumulasi dalam lapisan dinding pembuluh darah.


7. gerakan usus halus

Apel kaya akan larut dan serat tidak larut yang membantu untuk buang air besar. Untuk mendapatkan manfaat apel yang satu ini, dianjurkan untuk mengkonsumsi apel dengan kulit mereka karena kulit apel mengandung banyak serat dan antioksidan.

Selain itu, manfaat kesehatan apel juga ada karena kandungan pektin di apel dapat memberikan nutrisi untuk bakteri baik dalam saluran pencernaan sehingga membantu menjaga kelancaran fungsi pencernaan tubuh.


8. mengurangi resiko kanker

Sebuah studi mengungkapkan, manfaat dari apel untuk kesehatan tubuh lainnya yang dapat diperoleh oleh tubuh adalah untuk mengurangi risiko kanker kolorektal, kerongkongan, paru, mulut, dan payudara.

Efek pencegahan kanker ini dapat berasal dari manfaat apel yang mengandung antioksidan dan dapat membantu mengurangi peradangan. Namun, manfaat dari apel sebagai pencegahan kanker masih memerlukan penelitian lebih lanjut.


9. mengobati asma

Selain mampu mengurangi resiko kanker, apel yang secara rutin dikonsumsi juga mampu mengobati penyakit pernapasan, yaitu asma. Manfaat kesehatan dari apel yang terkait dengan pengobatan asma berkaitan dengan tingginya kandungan Quercetin. Konten yang Quercetin dapat anti-histamin dan antioksidan untuk mengurangi asma.


10. mengurangi risiko batu empedu

Penyakit batu empedu disebabkan oleh penumpukan kolesterol yang berlebihan pada saluran empedu. Pasien dengan penyakit batu empedu disarankan untuk diet rendah kolesterol dan memperbanyak makanan dengan serat tinggi sehingga kondisi kesehatan mereka semakin baik. Apel adalah buah yang memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Konsumsi apel secara teratur dapat membantu memperbaiki kondisi tubuh sehingga penyakit batu empedu tidak memburuk.


11. Membantu melancarkan pencernaan

Mungkin tidak asing lagi ditelinga kita bahwa yang namanya apel ini memiliki kandungan asam zoenat pH yang mampu mengolah zat makanan dalam tubuh, yang mana hal ini sangat berperan penting dalam kinerja oencernaan dalam tubuh

Apple, Apel Hijau, Pohon, Pohon Apel

Yah, itu adalah beberapa manfaat apel untuk kesehatan. Apakah Anda masih takut untuk makan apel setelah mengetahui ada begitu banyak manfaat kesehatan apel?
Terimakasih.

No comments:

Post a Comment

Advertiser