Friday 30 August 2019

Kenapa terlambat haid? Hal-hal penting harus dilakukan wanita ketika terlambat haid

Terlambat datang bulan? Coba cara mempercepat haid disini.

30 Agustus 2019 | Oleh Ahmad Abdulah S.k,. dan ditinjau oleh Dr. Reni Utari

Haid menjadi salah satu alasan untuk menemukan cara untuk mempercepat menstruasi.
Ada berbagai cara untuk mempercepat periode Anda, dari alami ke obat
Hal ini tak terbantahkan, haid memang bisa mengganggu kegiatan sehari-hari seorang wanita. Oleh karena itu, tidak jarang, perempuan kemudian mencari cara untuk mempercepat menstruasi, sehingga menstruasi tidak muncul ketika kondisi penting.

Ada beberapa kondisi yang membuat seseorang ingin membuat menstruasi datang lebih cepat. Beberapa contoh adalah peristiwa penting yang harus dihadiri, telah merencanakan perjalanan liburan, ingin mengambil bagian dalam pertandingan renang, ingin melakukan ibadah umrah atau karena sudah terlambat untuk bulan.

Cara mempercepat haid yang aman
Baik dengan obat dan secara alami, berikut adalah cara untuk mempercepat periode Anda yang dapat Anda coba.

Mengambil pil KB dapat mempengaruhi siklus menstruasi
1. menggunakan kontrasepsi hormonal
Menggunakan kontrasepsi hormonal adalah cara yang efektif untuk mengubah siklus menstruasi. Jenis kontrasepsi hormonal yang dapat digunakan termasuk cincin vagina dan pil.

Pil kontrasepsi adalah kombinasi dari progestin dan estrogen. Jika pil diambil selama 21 hari, maka penggunaannya dihentikan atau diganti dengan pil plasebo selama 7 hari, maka dalam waktu 7 hari menstruasi akan terjadi.

Untuk membuat periode Anda datang lebih cepat, Anda dapat berhenti menggunakan kontrasepsi lebih cepat. Namun perlu diingat, jika penggunaan pil dihentikan, maka kemungkinan kehamilan akan meningkat.

2. konsumsi vitamin C
Vitamin C diyakini meningkatkan tingkat estrogen dan mengurangi tingkat progesteron dalam tubuh. Ini kemudian akan membuat rahim atau rahim untuk kontrak, dan dinding rahim akan membusuk, mengakibatkan menstruasi.

Meskipun demikian, tidak ada penelitian yang dapat mengkonfirmasi bagaimana untuk mempercepat periode ini. Jadi, Anda perlu lebih berhati-hati ketika melakukannya. Jangan mengkonsumsi berlebihan vitamin C suplemen, karena mereka dapat berbahaya bagi kesehatan.

3. berolahraga secara teratur
Latihan ringan dapat membantu otot menjadi lebih rileks, sehingga dapat membantu menstruasi datang lebih cepat. Namun, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk membuktikan bagaimana untuk mempercepat satu periode ini.

4. Diet dan menjaga berat badan
Perubahan berat badan dapat mempengaruhi siklus menstruasi. Berat badan terlalu rendah, risiko menyebabkan menstruasi tidak teratur atau bahkan berhenti sama sekali. Karena tubuh membutuhkan lemak untuk menghasilkan hormon yang terkait dengan menstruasi.

Kelebihan berat badan juga dapat membuat siklus menstruasi tidak teratur. Jadi, Anda perlu memperhatikan asupan nutrisi untuk menjaga berat badan pada batas yang ideal.

5. mengurangi aktivitas fisik yang terlalu berat
Wanita yang bekerja sebagai atlet profesional, sering mengalami menstruasi yang tidak teratur. Karena, latihan dapat mengurangi tingkat estrogen dalam tubuh, yang menyebabkan darah menstruasi tidak keluar.

Untuk mempercepat kedatangan menstruasi, Anda dapat mengurangi intensitas latihan berat, sehingga kadar hormon dalam tubuh dapat seimbang lagi.

6. berhubungan seks
Aktivitas seksual dapat memicu menstruasi. Mengalami orgasme selama hubungan seksual, akan membuat melebar leher rahim Anda. Jadi, akan ada kekuatan yang menarik darah menstruasi untuk turun.

Selain itu, melakukan hubungan seksual secara teratur juga dapat mengurangi stres, sehingga membantu siklus menstruasi untuk berjalan lebih teratur.

Apakah relaksasi untuk mempercepat kedatangan haid
7. melakukan relaksasi
Stres berat dapat menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur. Jadi, melakukan metode relaksasi dapat membantu mempercepat kedatangan menstruasi, bagi Anda yang terlambat untuk bulan.

8. kompres hangat di daerah perut
Kompres hangat atau perendaman dalam air hangat, dapat membantu otot untuk lebih rileks dan meringankan stres emosional. Selain itu, energi panas yang diterima oleh tubuh, juga dapat melancarkan aliran darah ke rahim. Hal ini membuat metode dilihat sebagai salah satu cara untuk mempercepat menstruasi.

9. konsumsi jahe
Manfaat dari jahe beragam, salah satunya berkaitan dengan menstruasi. Jahe diyakini memicu kontraksi rahim. Dengan demikian, tanaman yang satu ini disebut berpotensi membantu mempercepat kedatangan haid. Meskipun demikian, tidak ada penelitian yang dapat mengkonfirmasi metode ini.

Kunyit dapat mempengaruhi kadar hormon dalam tubuh
10. konsumsi kunyit
Kunyit dikatakan mempengaruhi estrogen dan progesteron tingkat dalam tubuh. Dengan menurunkan kadar progesteron, suara diyakini dapat mempercepat menstruasi.

11. konsumsi nanas
Nanas kaya akan Bromelain, enzim yang dapat mempengaruhi hormon estrogen dan lainnya. Enzim ini diyakini dapat membantu meringankan peradangan. Dengan demikian, nanas dapat membantu dengan kondisi menstruasi.

No comments:

Post a Comment

Advertiser