Saturday 31 August 2019

Cara menyembuhkan sariawan dengan cepat dan mudah [[Oleh Dr. Ahmad Abdilah]]


Ahmad Abdulah
31 Agustus 2019 19:15


     Model, Gadis, Cantik, Muda, Wanita

Sariawan dapat terjadi kepada siapapun, tidak mengenali jenis kelamin atau usia. Penyebabnya juga bervariasi, mulai dari infeksi, kurangnya vitamin atau mineral, sengaja menggigit lidah atau bagian dalam pipi, stres, perubahan hormonal, untuk Alergi. Untuk menyembuhkannya, mari kita pertimbangkan penjelasannya dalam artikel berikut.

Sariawan ringan umumnya tidak memerlukan perlakuan khusus, karena dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu 1-2 minggu. Bahkan jika menggunakan obat, hal ini dimaksudkan untuk mengurangi gejala atau rasa sakit karena sariawan. Jika Anda tidak bisa bertahan lama mengalami sariawan, ada cara yang dapat Anda lakukan untuk menyembuhkan sariawan dengan cepat.

Cara menyembuhkan sariawan secara cepat

Untuk meredakan rasa sakit dan mempercepat penyembuhan sariawan, ada beberapa bahan alami atau obat-obatan yang dapat digunakan, yaitu:


1. Daun saga atau akar manis

Daun Saga dan akar manis (licorice) telah lama diyakini  berkhasiat untuk mengobati sariawan. Ramuan ini sering digunakan sebagai obat herbal karena memiliki antibakteri, anti-inflamasi, dan efek antioksidan. Berbagai efek membuat Saga daun mampu mempercepat penyembuhan luka karena sariawan.


2. daun sirih

Daun sirih sering dikonsumsi dengan cara dikunyah. Tanaman yang biasa digunakan dalam pengobatan tradisional memiliki beberapa manfaat, termasuk antioksidan, anti-inflamasi, dan antibakteri. Itulah sebabnya daun sirih dapat digunakan sebagai obat herbal untuk menjaga kesehatan mulut.


3. madu
Madu, Manis, Sirup, Organik, Emas

Menurut satu studi, madu efektif dalam mencegah infeksi dan membantu menyembuhkan luka, termasuk luka yang disebabkan oleh sariawan. Untuk menyembuhkan sariawan, Anda dapat menerapkan madu 4 kali sehari. Dianjurkan untuk memilih madu yang tidak dipanaskan untuk suhu tinggi (pasteurisasi).


4. minyak kelapa
Makanan, Kelapa, Buah, Sehat
Selain madu, Anda juga dapat menerapkan minyak kelapa untuk sariawan. Minyak ini diyakini untuk menyembuhkan dan mencegah penyebaran sariawan karena infeksi bakteri, sementara juga membantu untuk mengurangi kemerahan dan sariawan sakit.


5. es batu

Rasa sakit dari sariawan sering membuat sulit bagi Anda untuk makan dan minum. Dalam rangka untuk mengunyah makanan atau minum air lebih nyaman, Anda dapat mengambil es batu di daerah sekitar luka mulut sehingga rasa sakit untuk sementara menurun.


6. Chlorhexidine obat kumur

Chlorhexidine dapat membasmi bakteri yang menyebabkan penyakit di mulut. Obat ini juga dapat mengobati pendarahan, pembengkakan, dan peradangan pada gusi. Obat ini juga sering digunakan untuk mengobati sariawan. Namun, efek samping dari Chlorhexidine dapat membuat gigi dan lidah coklat.


7. Obat topikal

Obat topikal yang mengandung bahan aktif kortikosteroid, benzocaine, atau fluocinonide dapat mengurangi rasa sakit karena sariawan dan mempercepat penyembuhan.

Namun perlu diingat, meskipun bahan alami di atas telah lama digunakan sebagai obat-obatan herbal untuk sariawan, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk menentukan efektivitas dan keamanan masing-masing bahan.

Tanyakan dokter atau dokter gigi Anda untuk saran sebelum menggunakan obat untuk mengobati sariawan, terutama jika Anda memiliki kondisi medis tertentu atau mengambil obat dari dokter.

Segera pergi ke dokter gigi jika Anda mengalami sariawan yang tidak sembuh dalam waktu tiga minggu, besar, atau merasa sangat sakit meskipun Anda telah mengambil obat penghilang rasa sakit. Demikian juga jika sariawan disertai dengan demam dan kesulitan dalam makan dan minum.

Dokter gigi akan melakukan pemeriksaan dan memberikan perawatan yang tepat untuk mengobati sariawan, atau merujuk Anda ke spesialis jika ada penyakit lain yang didasarkan pada munculnya sariawan ditemukan. Terimakasih

No comments:

Post a Comment

Advertiser